Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lima Inspirasi Resolusi di Tahun Baru

Pada awal 2021, sebagian orang mulai bersikap disiplin untuk meraih resolusi yang ditetapkan.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  17:01 WIB
Untuk menggapai resolusi tahun baru, maka dibutuhkan kedisiplinan dan strategi. - ilustrasi
Untuk menggapai resolusi tahun baru, maka dibutuhkan kedisiplinan dan strategi. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Memasuki tahun baru masyarakat umumnya membuat berbagai resolusi yang ingin diwujudkan selama satu tahun ke depan.

Sayangnya, resolusi tersebut kadang hanya tinggal khayalan. Bahkan berdasarkan riset Ipsos di Amerika Serikat, 80 persen responden tidak melanjutkan mewujudkan resolusinya di bulan kedua pada tahun baru. Disebabkan oleh hilangnya motivasi dan kurangnya disiplin saat mulai menjalankan resolusi tahun baru.

Psikolog Joseph J. Luciani menyarankan untuk memulai dari hal kecil dan sederhana agar dapat mendorong terciptanya kedisiplinan diri sehingga bisa mengisi satu tahun ke depan dengan lebih bermakna

Sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat, ShopeePay membagikan lima inspirasi resolusi tahun baru yang dapat diterapkan oleh masyarakat agar tetap produktif saat menjalankan aktivitas di tahun yang baru.

1. Miliki Perencanaan dan Wishlist 

Membuat perencanaan dan wishlist untuk setahun ke depan sangatlah penting terutama saat kita mempunyai tujuan yang ingin diraih. Selain dapat menjadikan diri lebih terorganisir, kita juga bisa menjadi lebih fokus dalam melakukan kegiatan. Jadi, mulailah menuliskan harapan yang diinginkan lalu kembangkan secara lebih rinci bagaimana cara meraih tujuan tersebut.

2. Utamakan Hidup Sehat 

Tahun 2020 telah mengajarkan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan. Namun, kesadaran ini perlu dipertahankan dan dilanjutkan hingga menjadi salah satu resolusi di tahun 2021. Lakukan rutinitas berolahraga 10 menit setiap hari, minum air putih minimal 8 gelas per hari, dan mengkonsumsi makanan sehat serta bergizi seimbang.

3. Menambah Hard Skills dan Soft Skills

Himbauan untuk bekerja dari rumah memberikan kesempatan untuk memanfaatkan waktu luang sebagai sarana menambah keterampilan baru. Keterampilan teknis (hard skills) maupun non-teknis (soft skills) bisa beragam tergantung minat dan preferensi yang dimiliki.

Banyak pula tersedia webinar dan kelas online yang dapat dengan mudah diakses. Menambahkan keterampilan dapat pula menambah value seseorang yang dapat membuka kesempatan baru. Selain itu, tingkat kepercayaan diri juga semakin meningkat.

4. Upayakan Self Love

Berusaha untuk tetap diam di rumah tentu menjadi tantangan tersendiri. Tidak jarang beberapa orang mengalami stres dan merasa bosan akibat kebijakan ini. Upayakanlah self love untuk mengatasi rasa gelisah tersebut dengan berpikir lebih positif, bersyukur, memberikan self reward atas kerja keras yang dilakukan selama ini. Perlu diingat, diri sendiri perlu dicintai agar dapat memberikan dukungan moral kepada sesama karena kesehatan mental sangatlah penting di situasi seperti sekarang ini.

5. Menjalankan Gaya Hidup Baru

Dikarenakan situasi pandemi yang kurang kondusif untuk melakukan kegiatan seperti biasanya, masyarakat juga mulai terbiasa dengan gaya hidup baru yang mengutamakan kesehatan bersama.

Mulai dari memperhatikan kebersihan, social distancing, membatasi aktivitas di luar rumah hingga kesadaran masyarakat untuk meminimalisir kontak fisik. Mendukung gaya hidup baru ini, masyarakat dapat menerapkan pembayaran digital yang mengedepankan fitur contactless terutama dalam melakukan kegiatan belanja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tahun baru inspirasi resolusi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top