Minyak kelapa/Homeremediesforlife
Fashion

9 Manfaat Minyak Kelapa

Desyinta Nuraini
Jumat, 22 Januari 2021 - 16:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Minyak kelapa ternyata memiliki beragam manfaat bukan sekedar bahan untuk memasak.

Minyak kelapa berasal dari biji, daging, dan santan kelapa sawit. Dalam beberapa tahun terakhir, minyak kelapa menjadi minyak yang populer dalam masakan karena ketahanannya terhadap panas yang tinggi. Namun belakangan minyak ini menjadi bahan trendi dalam produk perawatan kulit dan produk pembersih ramah lingkungan.

Melansir Express UK, Jumat (22/1/2021), berikut 9 hal yang bisa Anda lakukan dengan minyak kelapa :

1. Skincare

Oleskan minyak kelapa ke seluruh tubuh dan wajah Anda untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Minyak kelapa dikemas dengan asam lemak dan sekitar 50 persen di antaranya memiliki sifat antimikroba. Mengoleskan minyak kelapa pada kulit Anda dapat secara efektif menghilangkan jamur dan bakteri berbahaya, salah satu penyebab jerawat, selulitis, dan kutu air.

Asam laurat, salah satu asam dalam minyak kelapa, telah dibuktikan dalam beberapa penelitian lebih efektif daripada benzoyl peroxide dalam mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Minyak kelapa juga dapat mengurangi peradangan dan merupakan antioksidan, menurunkan kulit merah dan membantu mengurangi bintik-bintik. Minyak kelapa sangat melembapkan, dan penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu eksim dan ruam.

Jika Anda merasa tidak nyaman menggunakan minyak kelapa sebagai pelembab, gunakan minyak kelapa untuk merawat area yang bermasalah, menghapus riasan, krim kaki, krim mata, krim cukur, atau menjadikannya lulur.

2. Perawatan Rambut

Minyak kelapa ternyata membuat rambut Anda tumbuh lebih sehat, lebih tebal, dan lebih panjang.

Asam lemak dan vitamin dalam minyak kelapa memberi nutrisi dan menembus kutikula rambut, membantu memperkuat helai rambut, dan mencegah kerusakan. Gunakan minyak kelapa sebagai perawatan sebelum keramas dan cuci dengan sampo biasa.

Jika Anda memiliki rambut yang tebal, kasar, keriting, kusut, atau susah diatur, coba gunakan minyak kelapa sebagai masker tanpa bilas selama 10 menit atau oleskan ke rambut.

3. Membuat kamar mandi lebih bersih

Jika Anda bosan membeli semprotan untuk membersihkan setiap sudut rumah, Anda bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa tidak hanya menjadi alternatif yang lebih murah untuk pembersih kimiawi, tetapi juga jauh lebih ramah lingkungan.

Campur minyak kelapa dengan soda kue untuk membentuk pasta dan biarkan di area yang rawan buih atau jamur di kamar mandi.

Setelah 10 menit, seka dengan kain lembab, dijamin bak mandi, pancuran, wastafel, atau permukaan akan berkilau.

4. Obat nyamuk

Mencampurkan sedikit minyak kelapa dengan peppermint atau minyak pohon teh dan menyemprotkan campuran tersebut ke sekitar jendela, di dapur, dan di furnitur luar ruangan.

5. Meremajakan furnitur

Sama seperti minyak zaitun, minyak kelapa dapat menyegarkan furnitur kayu dan kulit.

Lumuri sedikit minyak kelapa di kursi taman kayu atau sofa kulit untuk membuatnya seperti batu

Saat Anda menggunakan minyak kelapa pada kulit, sifatnya yang sangat melembabkan dan antibakterinya akan memulihkan goresan dan lecet.

6. Hapus label lengket

Menghapus label yang lengket itu sulit dan Anda selalu berakhir menggunakan kuku untuk mengelupas labelnya sedikit demi sedikit.

Minyak kelapa dapat membantu Anda melepas label dengan mudah.

Panaskan minyak kelapa di wajan atau microwave dan rendam label di dalam minyak. Biarkan selama beberapa menit, lalu coba lepas stiker. Akan lebih mudah.

7. Bersihkan noda dinding

Anda pasti sangat gemas ketika dinding putih penuh dengan coretan.

Oleskan sedikit minyak kelapa pada noda dengan kain lembut dan noda akan hilang.

8. Perkuat talenan

Talenan kayu cepat rusak setelah digunakan sehari-hari.

Minyak kelapa tidak akan membersihkan atau mendisinfeksi papan, tetapi akan membuatnya tampak baru lebih lama.

Oleskan minyak kelapa di talenelan dan biarkan hingga kering setelah Anda membersihkannya. Ini akan memperpanjang umur talenan mahal Anda.

9. Menjaga telur tetap segar

Telur akan terlepas dalam tiga hingga lima minggu, tetapi ada cara untuk menjaganya tetap segar lebih lama.

Lapisi telur dengan minyak kelapa leleh dan biarkan mengering sebelum disimpan di tempat dingin. Rumornya, telur Anda akan bertahan selama berbulan-bulan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro