Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Suntik Vaksin Covid-19 Agar Efektivitas Maksimal

Tetapi untuk kemanjurannya, Anda harus melakukan lebih dari sekadar mendapatkan suntikan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  15:43 WIB
Tidur - boldsky.com
Tidur - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini, mendapatkan vaksinasi sepertinya satu-satunya cara yang mungkin untuk melindungi diri kita dari virus Covid-19 yang menular.

Tetapi untuk kemanjurannya, Anda harus melakukan lebih dari sekadar mendapatkan suntikan.

Berdasarkan penelitian terbaru, ada dua hal spesifik yang perlu Anda lakukan sebelum mendapatkan suntikan untuk meningkatkan efektivitas vaksin yakni tidur nyenyak dan berolahraga.

Vaksin saja tidak dapat melindungi Anda dari virus jika sistem kekebalan Anda tidak kuat. Agar tubuh kita dapat mengoptimalkan respons terhadap vaksin, penting untuk memiliki sistem imunitas yang kuat, yang dapat dengan mudah dipengaruhi oleh kondisi seperti depresi dan stres.

Terlalu banyak stres atau depresi berpotensi memperpendek kekebalan terhadap virus. Namun, sesuai temuan studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal Perspectives on Psychological Science, tidur dan olahraga adalah dua aktivitas khusus yang dapat meningkatkan respons imun, bahkan di antara mereka yang menderita kondisi yang mungkin membahayakan imunitas jangka panjang.

Para peneliti merekomendasikan bahwa mereka yang berencana untuk mendapatkan vaksin harus cukup tidur di malam hari dan melakukan olahraga berat setidaknya 24 jam sebelumnya.

Ini bukan satu-satunya studi yang menghubungkan tidur dan tingkat aktivitas fisik dengan respons vaksinasi. Studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Behavioral Medicine menemukan bahwa vaksin flu efektif pada orang yang cukup tidur dua malam sebelum menerima suntikan. Hubungan serupa ditemukan dalam kasus vaksin untuk hepatitis A dan hepatitis B.

Bagaimana tidur dan olahraga meningkatkan efisiensi

Para peneliti menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan fluktuasi dalam proses kekebalan yang dibutuhkan untuk menghasilkan antibodi. Untuk mempertahankan jumlah antibodi, diperlukan waktu tidur yang cukup. Di sisi lain, olahraga sebelum suntikan COVID dapat membantu mendukung kekebalan Anda setelah vaksin.

Penting untuk menetapkan waktu tidur dan rutinitas pagi. Batasi paparan sinar biru setidaknya 30 menit sebelum tidur dengan mematikan TV dan perangkat elektronik lainnya dan batasi alkohol, kafein, dan makanan besar sebelum tidur. Demikian dilansir dari Times of India.

Selain itu, lakukan segala jenis aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari sebelum dan setelah mendapatkan suntikan. Pertahankan rutinitas ini sampai Anda mendapatkan suntikan kedua, yang biasanya diberikan beberapa minggu kemudian. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olahraga tidur Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top