Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tren Hunian Tenaga Listrik PLTS Mulai Dilirik

Kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan karantina wilayah dan PSBB secara tidak langsung telah mengubah perilaku dan kebiasaan masyarakat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  10:05 WIB
Rumah tenaga PLTS
Rumah tenaga PLTS

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi sangat memengaruhi seluruh sektor kehidupan masyarakat.

Kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan karantina wilayah dan PSBB secara tidak langsung telah mengubah perilaku dan kebiasaan masyarakat.

Begitu pula dengan perilaku pekerja yang biasanya harus bekerja dari kantor, kini cukup bekerja secara daring dari rumah.

Pun dengan anak sekolah, kehadiran secara fisik dibatasi dengan metode belajar dari rumah. Semakin banyak kegiatan yang dilakukan di rumah maka akan semakin sering juga pemakaian alat-alat elektronik yang membutuhkan energi listrik.

Hal ini secara langsung akan meningkatkan konsumsi listrik, sehingga tagihan listrik bulanan akan semakin tinggi.

Melambungnya tagihan listrik di masa pandemi sudah menjadi rahasia umum. Mengurangi pemakaian lisrik supaya tagihan listrik tidak membengkak juga sulit dilakukan karena semua anggota keluarga melakukan aktivitas di dalam rumah.

Salah satu solusi dalam menjaga kegiatan di dalam rumah tanpa dibebani tagihan listrik yang tinggi, adalah penggunaan PLTS atap sebagai sumber energi listrik di rumah.

“PLTS atap adalah solusi dalam penghematan tagihan listrik PLN. Dengan memasang PLTS atap, kita dapat menggunakan energi listrik yang bersumber dari pancaran sinar matahari. Dengan rata-rata 3,8 jam efektif matahari, kita dapat melakukan penghematan tagihan listrik sebesar 20%-35% tagihan listrik bulanan PLN,” hal ini disampaikan Jurike Tapiomas, selaku Head of Sales SUNterra dalam siaran persnya.

SUNterra, sebagai lini usaha dari SUN Energy yang berfokus mengembangkan pasar residensial, mengandalkan konsep teknologi pintar dalam pemasangan PLTS atap melalui sistem pantau penggunaan energi.

Konsumen dapat mengetahui jumlah energi yang dihasilkan oleh PLTS atap yang dipasang di rumah yang diakses melalui gawainya dimana pun mereka berada. Dengan memproduksi energi listrik dari pancaran sinar matahari, konsumen diuntungkan dengan penggunaan PLTS atap pada siang hari sehingga bisa menutupi biaya listrik yang biasanya dikeluarkan pada dari pagi hingga sore hari.

Terutama jika pancaran sinar matahari terhitung kuat, secara otomatis energi yang dihasilkan oleh PLTS atap bisa memenuhi kebutuhan listrik rumah lebih besar. Inilah salah satu keistimewaan PLTS atap dalam penghematan tagihan bulanan.

Jurike menambahkan bahwa SUNterra sangat mendukung kebijakan pemerintah agar terjadi bauran energi nasional sebesar 23% bersumber dari energi baru terbarukan pada tahun 2025. Ketergantungan terhadap energi fosil harus segera dikurangi, salah satunya adalah dengan penggunaan PLTS atap yang pemasangannya tidak sulit, tidak memerlukan banyak biaya tetapi tetap bisa menghasilkan daya listrik yang dibutuhkan oleh setiap penggunanya.

Di samping perawatan yang sangat mudah dan tidak perlu rutin dilakuan, masa pemakaian PLTS atap juga sangat lama. Umur PLTS atap bisa mencapai 25 tahun. Selain itu tampilan rumah dengan panel surya bisa membuat rumah terlihat lebih gaya. Dan selama itu pula apabila ada kendala teknis dan konsumen ragu untuk memperbaikinya, SUNterra siap datang ke rumah untuk memperbaiki kendala tersebut.
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hunian tren
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top