Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Tokyo Siapkan Layanan Konsultasi Covid-19 bagi Warga Asing

Pusat konsultasi tersebut dibuka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore pada hari kerja. Orang-orang bisa bertanya tentang berbagai subjek seperti kesehatan mereka, pendidikan anak-anak, dan status imigrasi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 02 Februari 2021  |  13:39 WIB
Deretan properti di Tokyo, Jepang./Bloomberg - Akio Kon
Deretan properti di Tokyo, Jepang./Bloomberg - Akio Kon

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Metropolitan Tokyo mendirikan pusat konsultasi telepon guna menyediakan informasi mengenai virus corona dan masalah terkait lainnya dalam berbagai bahasa.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Selasa (2/2/2021), pusat konsultasi tersebut dibuka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore pada hari kerja. Orang-orang bisa bertanya tentang berbagai subjek seperti kesehatan mereka, pendidikan anak-anak, dan status imigrasi.

Staf pusat itu akan menghubungkan orang yang menelepon ke pusat-pusat perawatan kesehatan atau fasilitas lainnya untuk menyediakan bantuan bagi mereka. Nomor yang bisa dihubungi untuk mendapatkan layanan dari pusat konsultasi tersebut adalah adalah 0120-296-004.. Perlu dicatat bahwa nomor tersebut bisa dihubungi secara cuma-cuma atau bebas pulsa.

Pusat ini menyediakan konsultasi telepon dalam 14 bahasa, yakni Inggris, China, Korea, Vietnam, Nepal, Indonesia, Tagalog, Thai, Portugis, Spanyol, Prancis, Burma, Khmer, dan Jepang.

Sebelum Tokyo menghadirkan pusat konsultasi telepon untuk menangani Covid-19, Provinsi Chiba sudah lebih dulu menawarkan layanan konsultasi telepon dalam 12 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, bagi warga asing yang mengeluh mengalami demam atau gejala lainnya.

Sejak bulan lalu, pusat tersebut memberikan rujukan bagi warga asing ke klinik-klinik khusus. Pusat tersebut juga menyediakan layanan penerjemah melalui telepon untuk menyampaikan gejala yang dialami kepada dokter.

Pusat itu telah menerima 23 permintaan sejak awal tahun hingga 20 Januari. Banyak warga asing tidak tahu bagaimana merespons saat mereka menunjukkan sejumlah gejala.

Beberapa mengatakan mereka ditolak diperiksa karena staf medis tidak berbicara dalam bahasa mereka.

Pusat itu memperkenalkan institusi medis terdekat yang tersedia untuk menjawab dan membantu mereka berkomunikasi dengan para dokter mengenai gejala yang dialami dalam 12 bahasa asing melalui telepon.

Layanan konsultasi pusat ini tersedia hanya melalui telepon saat keadaan darurat diberlakukan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tokyo Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top