Deretan properti di Tokyo, Jepang./Bloomberg/Akio Kon
Health

Pemerintah Tokyo Siapkan Layanan Konsultasi Covid-19 bagi Warga Asing

Rezha Hadyan
Selasa, 2 Februari 2021 - 13:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Metropolitan Tokyo mendirikan pusat konsultasi telepon guna menyediakan informasi mengenai virus corona dan masalah terkait lainnya dalam berbagai bahasa.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Selasa (2/2/2021), pusat konsultasi tersebut dibuka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore pada hari kerja. Orang-orang bisa bertanya tentang berbagai subjek seperti kesehatan mereka, pendidikan anak-anak, dan status imigrasi.

Staf pusat itu akan menghubungkan orang yang menelepon ke pusat-pusat perawatan kesehatan atau fasilitas lainnya untuk menyediakan bantuan bagi mereka. Nomor yang bisa dihubungi untuk mendapatkan layanan dari pusat konsultasi tersebut adalah adalah 0120-296-004.. Perlu dicatat bahwa nomor tersebut bisa dihubungi secara cuma-cuma atau bebas pulsa.

Pusat ini menyediakan konsultasi telepon dalam 14 bahasa, yakni Inggris, China, Korea, Vietnam, Nepal, Indonesia, Tagalog, Thai, Portugis, Spanyol, Prancis, Burma, Khmer, dan Jepang.

Sebelum Tokyo menghadirkan pusat konsultasi telepon untuk menangani Covid-19, Provinsi Chiba sudah lebih dulu menawarkan layanan konsultasi telepon dalam 12 bahasa, termasuk bahasa Indonesia, bagi warga asing yang mengeluh mengalami demam atau gejala lainnya.

Sejak bulan lalu, pusat tersebut memberikan rujukan bagi warga asing ke klinik-klinik khusus. Pusat tersebut juga menyediakan layanan penerjemah melalui telepon untuk menyampaikan gejala yang dialami kepada dokter.

Pusat itu telah menerima 23 permintaan sejak awal tahun hingga 20 Januari. Banyak warga asing tidak tahu bagaimana merespons saat mereka menunjukkan sejumlah gejala.

Beberapa mengatakan mereka ditolak diperiksa karena staf medis tidak berbicara dalam bahasa mereka.

Pusat itu memperkenalkan institusi medis terdekat yang tersedia untuk menjawab dan membantu mereka berkomunikasi dengan para dokter mengenai gejala yang dialami dalam 12 bahasa asing melalui telepon.

Layanan konsultasi pusat ini tersedia hanya melalui telepon saat keadaan darurat diberlakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro