Emas Antam edisi terbatas dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2572. /Youtube.
Fashion

Begini Cara Merayakan Imlek di Masa Pandemi Virus Corona

Dewi Andriani
Rabu, 3 Februari 2021 - 17:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Perayaan Tahun Baru Imlek 2572 pada tahun ini cukup berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kemeriahan Imlek dengan berbagai pertunjukkan barongsai yang umum ditemui di pusat-pusat keramaian, serta saling berkunjung ke rumah sanak saudara tampaknya akan sulit terwujud pada Imlek tahun ini.

Pasalnya, pergantian Tahun Tikus Logam ke Tahun Kerbau Logam kali ini masih berada dalam masa pandemi virus corona (Covid-19) sehingga ada berbagai protokol kesehatan yang harus diterapkan, seperti mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan.

Meskipun pada tanggal 13 Januari lalu, pemerintah sudah memulai proses vaksinasi tetapi angka kasus harian Covid-19 masih tinggi dengan penambahan kasus baru positif lebih dari 10.000 kasus per harinya dan total kasus mencapai hingga 1 juta.

Untuk mengantisipasi penyebaran kasus Covid-19 pada Tahun Baru Imlek kali ini, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) mengimbau agar seluruh anggotanya merayakan Imlek yang jatuh pada 12 Februari 2021 mendatang secara virtual, dan kebiasaan saling mengunjungi antara keluarga dan kerabat dapat ditunda.

Ketua Umum Perhimpunan Indonesia Tionghoa Teddy Sugianto mengatakan hal tersebut perlu dilakukan mengingat situasi pandemi dan penularan Covid-19 yang sangat tinggi belakangan ini, terutama setelah libur panjang akhir tahun.  

“Demi menjaga kesehatan dan keselamatan bersama, khususnya keluarga di rumah. Kami mengimbau perayaan Tahun Baru Imlek 2572 pada 12 Februari 2021 mendatang, kiranya silaturahmi dapat dilakukan secara virtual memanfaatkan berbagai teknologi dan aplikasi,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Budi S. Tanuwibowo yang mengajak semua masyarakat Tionghoa untuk merayakan tahun baru Imlek dari rumah saja.

“Karena sejatinya hakekat dari Imlek itu adalah pribadi yang berkontemplasi kepada Sang Maha Pencipta dan bersilaturahmi itu bisa dilakukan secara langsung atau virtual bersama keluarga,” tuturnya.

Budi juga berharap seluruh masyarakat dapat menahan diri untuk tetap di rumah saja dan disiplin menerapkan protokol kesehatan agar pandemi Covid-19 dapat lenyap sama sekali sehingga dapat merayakan tahun baru Imlek 2573 pada tahun depan dengan sebaik-baiknya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro