Kekebalan
Health

Studi : Antibodi Penyintas Covid-19 Bertahan 6 Bulan Setelah Terinfeksi

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 4 Februari 2021 - 02:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Studi mengungkapkan jika sebagian besar orang yang tertular Covid-19 masih memiliki antibodi setidaknya enam bulan setelah terinfeksi.

Data itu terungkap dari sebuah penelitian baru yang melibatkan lebih dari 20.000 orang yang pernah terinfeksi covid-19.

Sekitar 88% peserta yang dites positif terinfeksi sebelumnya mempertahankan antibodi selama enam bulan, menurut laporan oleh UK Biobank, database biomedis utama. Jumlahnya 99% dalam tiga bulan.

Hasilnya mengikuti penelitian lain yang lebih kecil yang menunjukkan tingkat kekebalan setelah infeksi alami selama setidaknya 6 bulan. Pejabat kesehatan mengatakan masih belum jelas berapa lama perlindungan melalui vaksin dapat bertahan, dan munculnya galur virus yang bermutasi dapat berarti suntikan mungkin perlu diperbarui secara berkala untuk mempertahankan kemanjurannya.

Studi tersebut berlangsung dari akhir Mei hingga awal Desember, berdasarkan sampel darah bulanan dan data tentang gejala potensial dari peserta Biobank, anak dan cucu mereka yang sudah dewasa. Demikian dilansir dari Bloomberg.

Gejala paling umum yang terkait dengan antibodi terhadap Covid adalah hilangnya indera perasa dan penciuman, yang dilaporkan oleh 43% peserta. Sekitar seperempatnya sama sekali tidak menunjukkan gejala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro