Beredar misinformasi terkait vaksin virus corona (Covid-19)./Antara
Health

Misinformasi dan Fakta Seputar Pelaksanaan Vaksinasi Virus Corona

Syaiful Millah
Rabu, 10 Februari 2021 - 11:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Program vaksinasi virus corona (Covid-19) di dalam negeri sudah dimulai. Namun demikian, masih ada sejumlah pandangan yang keliru terkait pelaksanaan program ini.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengatakan ada beberapa pendapat yang salah tapi dianggap benar tentang pelaksanaan vaksin Covid-19.

Oleh sebab itu, melalui akun Twitter miliknya, dia mencoba memberikan beberapa penjelasan dan meluruskan kekeliruan pendapat atau informasi yang berkembang di masyarakat.

Pertama, pendapat tentang setelah divaksin orang tidak akan menyebarkan virus corona karena tubuhnya tidak mengandung virus. Dia meluruskan bahwa informasi yang benar adalah kendati telah divaksin orang masih mungkin menyebarkan virus.

Kedua, pendapat bahwa sebelum divaksin orang sebaiknya mengonsumsi obat pereda nyeri agar rasa sakit akibat suntikan berkurang. Zubairi mengatakan beberapa obat itu adalah anti peradangan, yang justru berpotensi mengurangi keefektifan suntikan.

Ketiga, pendapat yang mengatakan seseorang tidak boleh berolahraga sebelum disuntik vaksin. Pendapat yang benar menurutnya adalah olahraga teratur sangat penting, “jangan salah kaprah,” tulisnya.

Keempat, informasi tentang pentingnya mengonsumsi vitamin A, C, dan D3 sebelum divaksin karena akan meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap vaksin. Padahal, kata Zubairi, respons kekebalan tubuh tidak terjadi dalam waktu dekat. Menjaga nutrisi merupakan hal penting karena memang bagus untuk tubuh.

Kelima, pendapat bahwa orang harus tidur nyenyak sebelum divaksin. Menurutnya, tidur nyenyak secara umum memang selalu bermanfaat. Jadi istirahat yang cukup adalah ide yang baik sebelum orang mendapatkan vaksin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro