Sel virus Corona/Istimewa
Health

Waduh, Inggris Akan Suntikkan Virus Corona ke Tubuh Manusia

Rezha Hadyan
Jumat, 19 Februari 2021 - 09:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan etik uji klinis Inggris memberikan persetujuan inisiatif menyuntikkan virus corona pada tubuh sejumlah sukarelawan.

Tujuan dari misi ini yakni untuk menguji vaksin dan perawatannya.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Jumat (19/2/2021), Pemerintah Inggris mengumumkan bahwa Otoritas Riset Kesehatan telah menyetujui human challenge trials 'uji coba terhadap manusia' tersebut akan dilakukan oleh Imperial College London dan beberapa pihak lainnya.

Pada tahap awal, penelitian ini akan merekrut hingga 90 sukarelawan yang sehat berusia antara 18 hingga 30 tahun dan akan ditulari virus di dalam lingkungan yang aman.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan informasi terkait seberapa banyak jumlah virus yang diperlukan untuk menyebabkan infeksi, dan bagaimana sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap virus corona.

Peserta akan disuntikkan strain virus gelombang pertama yang telah beredar di Inggris sejak Maret 2020. Strain tersebut terbukti berisiko rendah pada orang dewasa muda yang sehat.

Penelitian ini akan dilakukan dengan pengawasan yang sangat ketat. Paramedis juga disiapkan setiap saat. Para dokter akan menggunakan virus asli karena informasi terkait varian baru virus ini masih sedikit.

Saat uji coba ini berjalan, kandidat vaksin bisa diberikan ke sejumlah sukarelawan yang kemudian akan ditulari dengan virus Covid-19. Ini dilakukan guna mengidentifikasi vaksin yang paling efektif.

Pemerintah Inggris mengumumkan akan menyediakan dana sebesar 33,6 juta poundsterling, atau sekitar US$46,5 juta untuk penelitian ini. Dana tersebut juga akan digunakan untuk pembayaran kompensasi sekitar 88 poundsterling per hari selama masa studi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro