Vaksin Oxford dan AstraZeneca
Health

Seorang Warga Korsel Meninggal Tak Lama Usai Disuntik Vaksin Covid-19 Astrazeneca

Rezha Hadyan
Rabu, 3 Maret 2021 - 14:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang warga Korea Selatan dikabarkan meninggal dunia tak lama setelah menerima suntikan vaksin Covid-19 AstraZeneca pada Rabu (3/3/2021)

Melansir The Korea Times, penerima vaksin itu diketahui tengah menjalani perawatan jangka panjang di sebuah rumah sakit di Goyang, perbatasan barat laut Seoul. Pasien berusia 50-an tahun itu dirawat lantaran mengalami komplikasi sejak beberapa bulan lalu.

Pasien itu diberikan vaksin pada Selasa (2/3/2021) pagi, kemudian di sore harinya pasien menunjukkan gejala gagal jantung dan kesulitan bernafas. Setelah mendapatkan penanganan darurat, kondisi pasien tersebut mulai membaik pada malam harinya,

Namun, gejala tersebut kembali muncul pada Rabu (3/3/2021) pagi sebelum akhirnya pasien dinyatakan meninggal dunia.

Pejabat kesehatan setempat mengatakan mereka belum bisa menentukan apakah pasien menderita efek samping dari vaksin tersebut. Kondisi pasien yang sudah ada sebelumnya termasuk masalah jantung, diabetes dan stroke.

Kontroversi terkait penggunaan vaksin AstraZeneca, khususnya untuk lansia terus bermunculan. Pekan lalu, komite ahli Badan Obat Eropa expert committee dengan suara bulat merekomendasikan vaksin untuk digunakan bagi orang berusia 18 tahun ke atas.

Adapun Jerman dan Perancis telah mengumumkan bahwa mereka akan melarang penggunaan vaksin kepada orang usia muda dan memperingatkan agar tidak digunakan untuk orang tua, mengikuti tidak adanya data yang memadai tentang kemanjurannya.

Dengan alasan yang sama, negara seperti Swiss dan Afrika Selatan telah menunda izin vaksin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro