Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Seorang Warga Korsel Meninggal Tak Lama Usai Disuntik Vaksin Covid-19 Astrazeneca

Penerima vaksin itu diketahui tengah menjalani perawatan jangka panjang di sebuah rumah sakit di Goyang, perbatasan barat laut Seoul. Pasien berusia 50-an tahun itu dirawat lantaran mengalami komplikasi sejak beberapa bulan lalu.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  14:43 WIB
Vaksin Oxford dan AstraZeneca
Vaksin Oxford dan AstraZeneca

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang warga Korea Selatan dikabarkan meninggal dunia tak lama setelah menerima suntikan vaksin Covid-19 AstraZeneca pada Rabu (3/3/2021)

Melansir The Korea Times, penerima vaksin itu diketahui tengah menjalani perawatan jangka panjang di sebuah rumah sakit di Goyang, perbatasan barat laut Seoul. Pasien berusia 50-an tahun itu dirawat lantaran mengalami komplikasi sejak beberapa bulan lalu.

Pasien itu diberikan vaksin pada Selasa (2/3/2021) pagi, kemudian di sore harinya pasien menunjukkan gejala gagal jantung dan kesulitan bernafas. Setelah mendapatkan penanganan darurat, kondisi pasien tersebut mulai membaik pada malam harinya,

Namun, gejala tersebut kembali muncul pada Rabu (3/3/2021) pagi sebelum akhirnya pasien dinyatakan meninggal dunia.

Pejabat kesehatan setempat mengatakan mereka belum bisa menentukan apakah pasien menderita efek samping dari vaksin tersebut. Kondisi pasien yang sudah ada sebelumnya termasuk masalah jantung, diabetes dan stroke.

Kontroversi terkait penggunaan vaksin AstraZeneca, khususnya untuk lansia terus bermunculan. Pekan lalu, komite ahli Badan Obat Eropa expert committee dengan suara bulat merekomendasikan vaksin untuk digunakan bagi orang berusia 18 tahun ke atas.

Adapun Jerman dan Perancis telah mengumumkan bahwa mereka akan melarang penggunaan vaksin kepada orang usia muda dan memperingatkan agar tidak digunakan untuk orang tua, mengikuti tidak adanya data yang memadai tentang kemanjurannya.

Dengan alasan yang sama, negara seperti Swiss dan Afrika Selatan telah menunda izin vaksin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Covid-19 AstraZeneca
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top