Semangka/Istimewa
Health

7 Makanan Sederhana yang Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Luke Andaresta
Senin, 8 Maret 2021 - 18:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sistem kekebalan tubuh yang kuat, membuat seseorang tidak akan mudah jatuh sakit.

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ada berbagai cara sederhana yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Melansir dari WebMD, berikut beberapa jenis makanan sederhana yang mudah ditemui sehari-hari yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

1. Jamur Kancing

Jamur Kancing bisa memberi mineral selenium dan vitamin B riboflavin dan niacin. Kandungan tersebut banyak memberi manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah riboflavin dan niasin berperan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

2. Semangka

Bukan hanya menyegarkan, semangka juga mengandung banyak antioksidan yang disebut glutathione yang dapat memperkuat sistem kekebalan sehingga bisa melawan infeksi. Nikmati semangka bagian daging merah dekat kulitnya untuk dapat glutathione yang sangat banyak.

3. Bayam

Bayam sering disebut sebagai makanan super karena mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah folat. Hal itu dapat membantu pembentukan sel baru dan memperbaiki DNA dalam tubuh. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan seperti vitamin C. Makan dalam kondisi mentah atau dimasak sebentar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Teh

Teh putih, hijau, atau hitam sama-sama memberikan polifenol dan flavonoid yang dapat melawan penyakit. Antioksidan ini mencari radikal bebas yang merusak sel dan menghancurkannya.

5. Brokoli

Makanan yang mudah ditemui ini banyak mengandung vitamin A dan C dan antioksidan glutathione yang merupakan bahan dasar untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Bawang Putih

Bawang putih mentah dapat membantu melawan infeksi kulit berkat kemampuannya melawan bakteri, virus, dan jamur. Disarankan untuk mengonsumsi bahan aslinya bukan dalam bentuk bubuk agar mendapatkan manfaatnya.

7. Sup Ayam

Sup ayam dinilai mampu meredakan gejala penyakit yang ada di dalam tubuh dan dapat membantu penyembuhannya. Bahan kimia di dalamnya yang disebut karnosin dapat melindungi tubuh dari virus flu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro