Vaksin buatan Pfizer. /Pfizer
Health

Lansia di Korea Selatan Disuntik Vaksin Pfizer

Rezha Hadyan
Senin, 15 Maret 2021 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan akan mulai memberikan vaksin kepada masyarakat umum berusia 75 tahun ke atas dan kelompok rentan virus lainnya mulai bulan depan atau April 2020.

Melansir The Korea Times pada Senin (15/3/2021), Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (Korea Disease Control and Prevention Agency/KDCA) mengumumkan daftar penerima vaksin kuartal kedua dengan terlebih dulu, termasuk personel non-medis dan mereka yang tidak berada di fasilitas perawatan jangka panjang.

Sekitar 3,64 juta orang berusia 75 tahun ke atas akan divaksinasi pada pekan pertama April 2021.

KDCA mengatakan kelompok prioritas vaksinasi untuk lansia akan menerima vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi AS Pfizer Inc. yang dijadwalkan tiba di negara itu akhir bulan ini.

Vaksin yang disediakan oleh Pfizer akan diberikan di fasilitas vaksinasi yang dikelola pemerintah karena produknya memerlukan penyimpanan rantai yang sangat dingin.

Pihak berwenang mengatakan mereka berencana untuk membangun total 254 fasilitas semacam itu di rumah sakit umum, gimnasium, dan jenis situs pemerintah lainnya di seluruh negeri pada Juli.

Orang tua berusia antara 65 dan 74 tahun akan mulai menerima vaksin Covid-19 dari AstraZeneca pada bulan Juni, kata mereka. Jumlah orang di grup ini sekitar 4,94 juta.

Gabungan 376.000 pekerja perawatan kesehatan dan pasien berusia 65 tahun ke atas di sanatorium, fasilitas perawatan, dan fasilitas rehabilitasi juga akan mulai menerima suntikan pertama vaksin COVID-19 AstraZeneca akhir bulan ini.

Rencana tersebut muncul setelah pihak berwenang memperluas penggunaan vaksin COVID-19 AstraZeneca kepada orang-orang berusia 65 tahun ke atas untuk meningkatkan peluncuran vaksin karena penelitian baru di luar negeri menunjukkan keefektifannya.

KDCA awalnya mengecualikan pemberian vaksin yang dikembangkan oleh raksasa farmasi Inggris-Swedia AstraZeneca dan Universitas Oxford untuk orang tua, dengan alasan data klinis yang tidak mencukupi.

Personel lain di bidang pendidikan, termasuk sekitar 51.000 guru yang menangani penitipan anak bagi penyandang cacat dan 13.000 tenaga kesehatan di taman kanak-kanak, akan mulai menerima produk AstraZeneca bulan depan.

Sebanyak 491.000 guru yang bertanggung jawab atas anak-anak di taman kanak-kanak dan pusat penitipan anak serta siswa tahun pertama dan tahun kedua akan mulai vaksinasi pada bulan Juni, menurut KDCA.

Pihak berwenang mengatakan mereka telah memasukkan sekitar 20.000 pramugari dalam daftar penerima vaksin kuartal kedua mulai Mei, mengutip kerentanan mereka terhadap varian yang lebih dapat ditularkan.

Sebanyak 385.000 personel yang bekerja di klinik lingkungan, rumah sakit gigi, klinik medis oriental, dan apotek akan divaksinasi dengan vaksin AstraZeneca mulai Juni 2021.

Korea Selatan menargetkan 70 persen dari populasinya diinokulasi pada bulan September, dengan apa yang disebut kekebalan kawanan di sini diperkirakan akan dibuat pada bulan November.

Pemerintah telah mendapatkan vaksin Covid-19 untuk memvaksinasi 79 juta orang di bawah proyek Fasilitas Covax vaksin global Organisasi Kesehatan Dunia dan kontrak terpisah dengan lima perusahaan obat asing.

Selama kuartal kedua tahun ini, total 16,1 juta dosis vaksin akan tiba di sini setelah 1,69 juta dosis di bulan Februari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro