Berpuasa memberikan dampak positif bagi kesehatan/Husin Parapat
Health

6 Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan

Lukman Nur Hakim
Senin, 22 Maret 2021 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berpuasa memiliki dampak yang baik bagi saluran pencernaan bagi kesehatan tubuh. Sebab berpuasa saat Ramadan juga bisa mengurangi kolesterol.

Mengutip dari Realbuzz, Senin (22/3/2021), berpuasa bisa menghilangkan zat-zat beracun dari tubuh. Berikut manfaat berpuasa bagi tubuh:

1. Meningkatkan kinerja otak

Berpuasa bisa meningkatkan keseimbangan mental dan meningkatkan fokus spiritual Anda. Ingat juga, berpuasa bisa meningkatkan kekuatan kinerja otak selama Ramadan bahkan lebih signifikan daripada yang anda kira.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di AS menemukan bahwa fokus mental yang dicapai selama Ramadan meningkatkan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, sehingga menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak sel otak, sehingga meningkatkan fungsi otak.

Demikian pula, berkurangnya jumlah hormon kortisol, yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, berarti bahwa tingkat stres sangat berkurang selama dan setelah Ramadhan.

2. Mengurangi Kebiasaan Buruk

Berpuasa menjadi waktu yang tepat untuk membuang kebiasaan buruk. Keburukan seperti merokok dan makanan manis tidak boleh sering dilakukan selama Ramadan. Saat berpuasa, maka tubuh Anda akan berangsur-angsur menyesuaikan diri dengan ketidakhadirannya, sampai kecanduan anda dihentikan untuk selamanya.

3. Menurunkan Kolesterol

Kita semua tahu bahwa penurunan berat badan adalah salah satu kemungkinan hasil fisik dari puasa selama Ramadhan.

Kolesterol rendah meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan sangat mengurangi risiko menderita penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke. Terlebih lagi, jika Anda mengikuti pola makan sehat setelah Ramadan, maka kadar kolesterol yang baru diturunkan ini harusnya mudah dipertahankan.

4. Pengurangan Nafsu Makan

Nafsu makan bisa berkurang selama puasa. Pengurangan makanan selama puasa menyebabkan perut anda menyusut secara bertahap, yang berarti anda harus makan lebih sedikit untuk merasa kenyang.

Jika anda ingin membiasakan makan sehat, maka Ramadan adalah waktu yang tepat untuk memulai. Setelah selesai, nafsu makan anda akan lebih rendah dari sebelumnya, dan anda bisa terbiasa dengan makan malam.

5. Detoksifikasi

Selain bagus untuk membersihkan diri secara spiritual, Ramadan juga berfungsi sebagai detoksifikasi yang luar biasa untuk tubuh anda. Dengan tidak makan atau minum sepanjang hari, tubuh anda akan diberikan kesempatan langka untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan anda sepanjang bulan.

Ketika tubuh anda mulai memakan cadangan lemak untuk menghasilkan energi, itu juga akan membakar racun berbahaya yang mungkin ada di timbunan lemak. Pembersihan tubuh ini akan meninggalkan catatan kosong yang sehat, dan merupakan batu loncatan yang sempurna untuk gaya hidup sehat yang konsisten.

6. Menyerap Lebih Banyak Nutrisi

Dengan tidak makan sepanjang hari selama Ramadan, anda akan menemukan bahwa metabolisme anda menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang anda serap dari makanan meningkat. Ini karena peningkatan hormon yang disebut adiponektin, yang dihasilkan oleh kombinasi puasa dan makan larut malam, dan memungkinkan otot anda menyerap lebih banyak nutrisi.

Hal ini akan membawa manfaat bagi kesehatan di seluruh tubuh, karena berbagai area mampu menyerap dengan lebih baik dan memanfaatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro