Anak sehat. Saluran pencernaan disebut juga sebagai otak kedua (second brain). /Unicef
Health

Kiat Jaga Pencernaan Guna Perkuat Daya Tahan Anak

Syaiful Millah
Kamis, 25 Maret 2021 - 16:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan pencernaan memainkan peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh anak di masa pandemi Covid-19. Orang tua perlu lebih memerhatikan asupan nutrisi untuk perlindungan lebih si buah hati. 

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih menuturkan daya tahan tubuh anak berkaitan erat dengan pemberian nutrisi harian dan pola pengasuhan keluarga. 

Penelitian telah membuktikan bahwa sistem kekebalan tubuh berhubungan dengan saluran pencernaan. Hal ini lantaran saluran pencernaan yang baik memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik. 

"Pola makan seimbang yang terdiri dari nutrisi makro dan mikro, dikombinasikan dengan pola hidup bersih sehat paling efektif membantu tubuh melawan infeksi virus dan penyakit," katanya dalam diskusi virtual, Kamis (25/3). 

Head of Medical Kalbe Nutritionals Muliaman Mansyur menambahkan bahwa orang tua perlu memperhatikan nutrisi harian anak di masa pandemi seperti sekarang ini. 

Selain memberi makanan sehat dan seimbang, dianjurkan juga memberikan nutrisi tambahan pada anak untuk dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. 

"Nutrisi tambahan yang diberikan bisa berupa susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Semua nutrisi ini diperlukan untuk mendukung saluran pencernaan yang lebih sehat," katanya. 

Muliaman mengatakan bahwa salah satu nutrisi penting untuk menjaga saluran pencernaan adalah serat pangan inulin. Ini merupakan salah satu jenis prebiotik tinggi serat dan rendah kalori.

Dia juga mengingatkan bahwa saluran pencernaan disebut juga sebagai otak kedua (second brain). Menurutnya, bahkan sistem kekebalan tubuh yang sangat penting untuk dijaga selama pandemi dimulai dengan sistem pencernaan yang baik. 

Oleh sebab itu, dia meminta agar orang tua senantiasa memerhatikan kesehatan pencernaan anak. Pasalnya, apabila hal tersebut tidak dijaga dengan baik, maka tubuh bakal rentan terkena penyakit dan infeksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro