Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tanda-Tanda Anak Alami Gangguan Pencernaan

Saluran pencernaan memiliki peranan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh serta berperan dalam tumbuh kembang anak.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  20:05 WIB
Ilustrasi seorang anak digendong ibunya. - Antara
Ilustrasi seorang anak digendong ibunya. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Saluran pencernaan memiliki peranan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh serta berperan dalam tumbuh kembang anak.

Head of Medical Kalbe Nutritionals Muliaman Mansyur mengatakan bahwa saluran pencernaan memiliki peranan sangat penting, hingga disebut sebagai otak kedua (second brain).

Hal ini lantaran saluran pencernaan sangat menentukan kesehatan anak melalui penyerapan zat gizi makanan yang masuk dalam tubuh. Dia menuturkan saluran cerna juga merupakan sumber dari daya tahan tubuh.

"Sama seperti otak yang memiliki golden period untuk berkembang secara maksimal, saluran pencernaan juga demikian. Oleh sebab itu, orang tua perlu benar-benar memastikan sistem pencernaan makanan si buah hati tidak terganggu," katanya dalam acara virtual, Kamis (25/3/2021).

Muliaman menyampaikan ciri anak yang mengalami gangguan pencernaan bisa terlihat cukup jelas. Salah satu indikator paling kentara adalah frekuensi buang air besar anak.

Normalnya aktivitas buang air besar pada anak ini dilakukan setiap hari, jadi jika mereka tidak buang air pada hari tertentu, hal itu merupakan indikasi bahwa si anak mengalami gangguan sistem pencernaan.  

Selain itu, diare juga bisa menjadi indikasi anak mengalami masalah di saluran pencernaan. Terkadang gejalanya juga disertai dengan demam atau buang air yang keras. Gejala lain yang bisa menjadi tanda adalah berat badan anak yang tak kunjung naik padahal makan mereka sudah banyak.

Dia menuturkan jika anak mengalami gejala ringan saluran pencernaan, orang tua bisa memberikan obat pereda nyeri perut anak sebagai pertolongan pertama. Akan tetapi, jika sudah parah dan membuat anak kesakitan sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan dokter.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan anak Anak Balita
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top