Model memperkenalkan minuman berbasis susu KIN Bulgarian Yogurt yang diluncurkan PT ABC Kogen Dairy, di Jakarta, Kamis (22/3/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Health

Ada Yoghurt, 10 Makanan Ini Justru Memicu Rasa Lapar

Desyinta Nuraini
Jumat, 26 Maret 2021 - 21:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makan adalah kebutuhan hidup. Namun, tetap harus dikendalikan.

Tak sedikit orang yang selalu merasa lapar, bahkan setelah makan. Tentu hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang akhirnya berisiko terkena beragam penyakit seperti obesitas, diabetes, nyeri sendi, hingga penyakit kardiovaskular.

Jadi, sangat penting untuk mempertahankan diet sehat dan sebaiknya menghindari makanan yang justru memicu rasa lapar.

Melansir Boldsky, Jumat (26/3/2021), berikut 10 makanan yang membuat Anda lapar setelah mengonsumsinya :

1. Yoghurt

Sebagian besar jenis yoghurt yang tersedia di toko mengandung gula yang tinggi. Yoghurt memiliki lebih banyak pemanis buatan yang dapat meningkatkan gula darah Anda namun memberi sedikit rasa kenyang.

Karena teksturnya, tidak perlu mengunyah Yoghurt, padahal tindakan mengunyah membantu meningkatkan faktor rasa kenyang.

2. Roti putih

Mereka terbuat dari tepung putih dan lemak yang memberikan lebih banyak kalori tetapi kurang memberikan rasa kenyang. Karenanya, alih-alih roti putih, cobalah untuk mengonsumsi produk gandum untuk sarapan.

3. Nasi putih

Beras putih meningkatkan gula darah dan kemudian menurunkannya. Akibatnya, Anda akan merasa lapar lagi. Alih-alih nasi putih, pilih nasi basmati atau beras merah karena mereka tidak akan bereaksi seperti nasi putih.

4. Pasta putih

Karena kurangnya serat dalam pasta putih, Anda bisa merasa lapar bahkan setelah memakannya. Pasta putih adalah sumber karbohidrat yang terkonsentrasi, menaikkan gula darah dan menurunkannya secara cepat.

5. Telur putih

Telur putih benar-benar baik untuk kesehatan Anda, tetapi makan mereka tidak akan membuat Anda merasa kenyang dan dapat membuat Anda merasa lapar.

6. Jus buah

Jus buah baik untuk kesehatan tetapi tidak pernah sebagus buah itu sendiri karena kurangnya serat. Tanpa nutrisi yang diperlukan, jus dapat menaikkan gula darah dan menurunkannya lagi, Anda pun lapar lagi dalam waktu singkat

7. Sereal

Tidak semua sereal, tetapi jenis dengan pemanis buatan dapat memengaruhi gula darah Anda dan benar-benar membuat Anda lapar. Para ahli mengatakan bahwa ini bisa jadi karena rasa manis tanpa kalori.

8. Smoothie

Smoothie kaya dalam kandungan gula dapat membuat Anda merasa energik dan kenyang sebentar. Namun, mereka juga dapat menurunkan kadar gula darah Anda setelah beberapa saat dan menyebabkan rasa lapar.

9. Susu Cokelat

Sementara cokelat hitam sehat, cokelat susu dapat menciptakan ketidakseimbangan dalam kadar gula darah Anda, menyebabkan lonjakan rasa lapar Anda.

10. Makanan manis

Makanan manis seperti donat, muffin, dan pai rusak dengan cepat di tubuh hingga menjadi glukosa, yang menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak insulin. Ini pada gilirannya dapat menyebabkan gula darah rendah, membuat Anda merasa lapar
.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro