Ilustrasi vaksinasi Covid-19 drive thru. Calon penerima vaksin tidak dapat datang ke lokasi tanpa membuat janji dari aplikasi Halodoc dan harus membawa kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. /ANTARA
Health

RSIA Bunda Citra Layani Vaksinasi Drive Thru Lansia di Tangerang

Desyinta Nuraini
Jumat, 26 Maret 2021 - 21:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah rumah sakit menyediakan layanan vaksin Covid-19 untuk lansia guna mempercepat target vaksinasi nasional. Salah satunya RSIA Bunda Citra Ananda.

Mulai hari ini, rumah sakit yang berada di Ciputat, Tanggerang Selatan, itu menjadi pusat pelayanan vaksinasi Covid-19 dengan metode drive thru yang pertama diadakan di wilayah tersebut.

Komisaris Utama Bundamedik Healthcare System (BMHS) Ivan Sini, pelayanan vaksin Covid-19 untuk lansia itu berada di lokasi parkir RSIA Bunda Citra Ananda.

Program yang dilakukan perdana di Tangerang Selatan ini menyasar kelompok kategori lanjut usia (lansia) yang memiliki KTP Kota Tangerang Selatan. Beroperasi dari Senin hingga Jumat pukul 09.00-15.00 WIB. Ivan menyebut fasilitas vaksinasi dari RSIA Bunda Citra Ananda ini dapat mengakomodir hingga 200 orang per hari.

Dalam pelaksanaannya, lansia yang ingin mendapatkan vaksinasi bisa memanfaatkan layanan Halodoc untuk memesan jadwal vaksinasi yang tersedia mulai hari ini, Kamis (25/3/2021).

Ivan menambahkan guna menghindari kerumunan dan memastikan kenyamanan pasien, calon penerima vaksin tidak dapat datang ke lokasi tanpa membuat janji dari aplikasi Halodoc dan harus membawa kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

Co-Founder Halodoc Doddy Lukito mengatakan pihaknya menyediakan teknologi penjadwalan serta keahlian pengelolaan drive thru.

"Halodoc berharap dapat terus memperluas kontribusi kami dalam meyukseskan program pemerintah, khususnya dalam memudahkan akses layanan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Indonesia," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (26/3/2021).

Pada praktiknya, layanan drive thru ini memiliki empat titik pemeriksaan. Pos 1 merupakan tempat validasi di mana staf di lapangan kembali menyocokkan identitas di aplikasi dengan identitas asli sehingga penerima vaksin juga akan dipastikan memiliki KTP kota Tangerang Selatan.

Selanjutnya, calon penerima vaksin menuju ke Pos 2 untuk menjalani skrining dan pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah, saturasi oksigen dan suhu tubuh.

Jika petugas medis sudah memastikan kondisi kesehatan peserta memenuhi kriteria untuk divaksin, calon penerima akan melaju ke Pos 3 untuk divaksin.

Bagi pengendara motor, petugas kesehatan akan meminta calon penerima vaksin turun dari kendaraannya. Lansia yang akan menerima vaksin disarankan membawa pendamping untuk menjaga keamanan mereka terutama terkait kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Tahap berikutnya, pada Pos 4 peserta diminta menunggu selama 30 menit untuk diobservasi ada tidaknya KIPI. Apabila KIPI terjadi, maka mereka harus membunyikan klakson kendaraan. Usai vaksinasi, peserta bisa mendapatkan sertifikat vaksin dan menanti informasi selanjutnya mengenai jadwal vaksinasi dosis ke-2.

Sementara itu, Rumah Sakit Bunda juga ikut dalam program vaksinasi mandiri bagi perusahaan-perusahaan yang akan memvaksinasi karyawannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro