Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat Mangga Muda untuk Kesehatan, Bukan Hanya Enak untuk Bikin Rujak

Rasa mangga muda yang segar dan enak juga sering dijadikan para ibu hamil untuk menghilangkan rasa mual akibat kehamilan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 April 2021  |  14:45 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -Mangga muda atau mentah banyak dijadikan rujak bagi mereka yang menyukainya.

Rasanya yang segar dan enak juga sering dijadikan para ibu hamil untuk menghilangkan rasa mual akibat kehamilan.

Tapi ternyata, mangga muda bukan hanya enak untuk dijadikan rujak saja, tapi juga memiliki khasiat kesehatan yang mungkin belum Anda sadari hingga sekarang.

Berikut manfaat mangga muda untuk kesehatan seperti dilansir dari Boldsky :

1. Menurunkan suhu tubuh

Gejala pertama dari sengatan matahari adalah peningkatan suhu tubuh. Mangga mentah memiliki efek antipiretik, artinya dapat membantu menurunkan suhu tubuh yang bisa mencapai di atas 40 derajat Celcius akibat sengatan matahari. Selain itu, suhu tubuh yang tinggi memengaruhi otak dan menyebabkan kejang.

2. Mengobati kelelahan

Serangan sinar matahari menyebabkan tubuh kehilangan air dan garam sehingga menyebabkan tubuh lemas karena dehidrasi yang berlebihan. Mangga muda dapat membantu melembabkan tubuh dan menyeimbangkan elektrolit, sehingga mengobati rasa lelah.

3. Mendinginkan tubuh

Jus mangga mentah merupakan cara yang mudah dan efektif untuk mengalahkan panas dan mendinginkan tubuh. Minuman rehidrasi yang sangat baik ini diisi dengan elektrolit dan mengkonsumsinya, mendinginkan tubuh, yang seringkali menjadi tinggi karena sengatan matahari.

4. Mengobati kulit kering dan panas

Mangga mentah kaya akan vitamin C, antioksidan kuat yang membantu produksi kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Panas tinggi dari matahari menyerap cairan dari sel-sel kulit dan membuatnya kering. Mangga muda menghidrasi dan meremajakan sel serta melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

5. Menurunkan detak jantung

Kepanasan akibat sinar matahari dapat meningkatkan detak jantung karena panas yang berlebihan. Jus mangga mentah kaya kalium dan magnesium dan antioksidan unik yang disebut mangiferin yang dapat membantu menurunkan detak jantung dan meningkatkan fungsinya.

6. Mencegah kram otot

Panas yang berlebihan dapat menyebabkan kejang otot besar yang tidak disengaja, yang menyebabkan kram kaki di malam hari. Jus mangga mentah memiliki efek antispasmodik, artinya dapat membantu meredakan kejang pada otot-otot tersebut.

7. Mengobati pusing

Keringat berlebih dan suhu tubuh yang tinggi akibat sengatan matahari bisa menyebabkan kelelahan dan pusing. Mangga muda dapat membantu mendinginkan tubuh, menghidrasi sel-sel tubuh, memberikan energi dan dengan demikian, mencegah gejala-gejala ini menyebabkan komplikasi.

8. Menurunkan rasa haus yang berlebihan

Kepanasan dapat meningkatkan rasa haus akibat kehilangan air yang berlebihan dari tubuh. Air dapat membantu memuaskan dahaga tetapi mungkin tidak dapat menyeimbangkan elektrolit tubuh. Jus mangga mentah tidak hanya menghidrasi tubuh tetapi magnesium dan kalium dalam jus juga membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.

9. Meminimalkan sakit kepala

Suhu tubuh yang tinggi bisa menyebabkan sakit kepala saat musim panas. Minum aam panna atau mengoleskan daging mangga mentah di atas kepala membantu menurunkan sakit kepala dengan menurunkan suhu tubuh.

10. Memberi energi

Sumber terbaik untuk memberi Anda energi instan selama musim panas dan mencegah dehidrasi adalah jus mangga mentah. Kehadiran ion natrium, kalium dan elektrolit lainnya dalam jus memberikan banyak energi dan juga menghidrasi sel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buah Buah Mangga
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top