Milet Finger/istimewa
Health

Millet Finger, Makanan Super yang Kaya Manfaat

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 5 April 2021 - 15:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Millet Finger atau ragi alias jawawut adalah tanaman biji-bijian yang banyak tumbuh di daerah gersang.
Meskipun bentuknya tidak menarik, namun kandungannya sangat bergizi.

Millet memiliki sifat antioksidan, antidiabetik bagi tubuh.

Selain itu, biji-bijian yang biasa dijadikan sereal tersebut mengandung banyak serat, magnesium, asam fitat dan bebas gula.

Melansir dari Grazia India, biji-bijian itu juga dikenal sebagai makanan super karena memiliki banyak manfaat. Tak hanya menjadi makanan yang baik bagi tubuh, namun juga baik bagi rambut dan juga kulit.

1. Manfaat Millet Untuk Kulit

Mengkonsumsi Millet adalah cara yang sangat efisien untuk menjaga kulit awet muda dan tetap sehat. Biji-bijian tersebut mengandung vitamin C dan E yang membantu membangun kekebalan serta kesehatan kulit.
Kemudian kaya akan asam amino yang disebut triptofan, metionin, dan lisin.

Triptofan mampu menjaga nafsu makan dan membantu proses penurunan berat badan. Kemudian metionin, asam amino berbasis sulfur, meningkatkan pertumbuhan kulit yang sehat, lalu lisin membuat jaringan baru pada kulit yang rentan terhadap keriput dan kendur. Asam amino juga penting dalam pembentukan dan pemeliharaan kolagen dalam tubuh.

Kolagen membantu kulit memiliki elastisitas dan masalah jaringan kulit yang muncul seiring bertambahnya usia. Kalsium dan Vitamin E dalam ragi membantu membentuk kulit baru dan sehat, serta membantu penyembuhan bekas luka dan juga mencegah kerusakan kulit. Vitamin E membantu melembabkan kulit dan menciptakan lapisan pelindung kulit.

Manfaat ragi tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga untuk bayi karena Metionin juga membantu perkembangan kesehatan kulit dan rambut pada bayi.

2. Manfaat Ragi Untuk Rambut

Bereksperimen pada sampo dan minyak yang berbeda menjadi cara untuk mendapatkan hasil yang sempurna bagi rambut.

Nyatanya, fakta mengikuti pola makan yang baik dan kaya nutrisi sangat membantu dalam menjaga kesehatan rambut.

Salah satu makanan super untuk mencapai tujuan sempurna rambut adalah dengan mengkonsumsi wallet.
Tumbuhan tersebut kaya akan protein yang cukup baik untuk mencegah rambut rontok. Mengkonsumsi makanan yang memasok protein ke rambut adalah ide yang jauh lebih baik daripada berburu sampo berbasis protein.

Rambut terdiri dari protein, ragi menjadi salah satu sumber protein terkaya yang penting untuk kesehatan rambut. Memasukkannya ke dalam bahan makanan akan memperkuat rambut dari kerontokan. Selain itu, protein meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala yang membantu pertumbuhan rambut sehat.

Kandungan magnesium yang ditemukan dalam wallet baik bagi perawatan terkait kulit kepala seperti ketombe, psoriasis, gatal dan eksim karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Selanjutnya, super food tersebut dapat membantu menurunkan tingkat kortisol dalam tubuh, sehingga mengendalikan rambut rontok.

Antioksidan yang ada di dalamnya juga membantu mencegah rambut beruban prematur. Karena secara efektif dapat mencegah kerusakan jaringan, makanan super ini juga digunakan untuk pengobatan kebotakan dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro