Ada beberapa cara yang bisa dilakukan  untuk menghindari atau mencegah diabetes/boldsky.com
Health

9 Cara Menghindari Diabetes

Hanafi Nurmahdi
Selasa, 6 April 2021 - 11:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri tingginya kadar gula dalam tubuh. Gula (glukosa) merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia. 

Namun, bila glukosa yang menumpuk terlalu banyak, maka akan menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh. Dengan menjaga atau mengurangi diabetes agar terkontrol, juga bisa membantu kita mencegah masalah lain pada jantung, saraf, dan kaki.

Mengutip dari WebMD, berikut 9 cara untuk membantu mengurangi diabetes dalam tubuh:

1. Menurunkan Berat Badan

Tubuh yang sehat dan ideal membantu untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Dokter atau pelatih kebugaran dapat membantu kita melakukan diet dan olahraga untuk bisa mencapai tubuh yang diinginkan.

2. Periksa Kadar Glukosa

Dengan memeriksa setidaknya dua kali dalam sehari mampu memantau lajur kemajuan atau aktivitas yang kemungkinan memengaruhi tingkat gula darah. Ini juga membantu untuk mengontrol asupan makanan kedepannya.

3. Menjalani Tes Darah

Untuk mengetahui rata-rata gula darah selama 3 bulan terakhir, lakukanlah tes darah A1C. Kebanyakan orang dengan diabetes tipe 2 harus menargetkan A1C kurang dari 7 persen.

4. Mengontrol Makanan Mengandung Karbohidrat

Ketahui berapa banyak karbohidrat yang kita perlukan per harinya. Mengelola asupan yang mengandung karbohidrat dapat membantu mengendalikan gula darah. Pilih karbohidrat yang memiliki banyak serat seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian.

5. Perhatikan Penyakit Lainnya

Dengan mengontrol tekanan darah dalam tubuh dan juga kadar kolesterol membuat kita mengurangi dampak komplikasi dalam tubuh. Diabetes membuat penyakit jantung lebih mungkin terjadi.

6. Olahraga Secara Teratur

Olahraga teratur membantu kita mempertahankan berat badan menuju ideal. Olahraga juga mengurangi gangguan lainnya seperti stres, tekanan darah, kolesterol, dan lainnya. Setidaknya lakukan olahraga 30 – 60 menit dalam sehari dan 5 hari dalam seminggu.

7. Tidur yang Cukup

Ketika kita kurang tidur, biasanya kita cenderung lebih banyak menghabiskan stok makanan. Hal ini bisa menambah berat badan dan menyebabkan masalah kesehatan.

8. Mengontrol Stres

Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah. Setidaknya lakukan aktivitas untuk menjauhi diri dari stres seperti meditasi atau melakukan hobi lainnya.

9. Konsultasikan ke Dokter

Dapatkan pemeriksaan lengkap setidaknya setahun sekali, untuk mengetahui kondisi tubuh kita terhadap gejala-gejala penyakit lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro