Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asik, Konten Clubhouse Sudah Bisa Dimonetisasi

Kabar gembira bagi para kreator konten audio. Karena mulai Senin (5/4/2021) Clubhouse memberikan kesempatan bagi mereka untuk melakukan monetisasi konten layaknya media sosial atau platform berbagi konten pada umumnya.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 06 April 2021  |  13:40 WIB
Aplikasi berbasis suara Clubhouse
Aplikasi berbasis suara Clubhouse

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar gembira bagi para kreator konten audio. Karena mulai Senin (5/4/2021) Clubhouse memberikan kesempatan bagi mereka untuk melakukan monetisasi konten layaknya media sosial atau platform berbagi konten pada umumnya.

Melansir The Verge pada Selasa (6/4/2021), Clubhouse telah memasang alat yang memungkinkan pendengar membayar kepada kreator. Alat tersebut merupakan alat monetisasi pertama yang dipasang ke aplikasi tersebut.

Namun, untuk sementara alat tersebut masih dalam tahap ujicoba atau belum tersedia penuh bagi seluruh pengguna Clubhouse. Hal tersebut berlaku bagi pendengar maupun kreator konten.

“Tidak semua orang dapat menerima pembayaran, yang akan diluncurkan secara bergelombang, dimulai dengan kelompok uji kecil,” demikian pernyataan Clubhouse.

Clubhouse juga menyatakan bahwa mereka tidak akan memotong sepeser pun uang yang diberikan pendengar kepada kreator konten. Tentunya ini menjadi kabar paling menggembirakan bagi kreator konten yang selama ini mengeluhkan besarnya potongan uang hasil monetisasi kontennya di beberapa platform.

Adapun, cara yang dapat dilakukan oleh pendengar untuk membayar kreator konten adalah mengetuk profil mereka, kemudian pilih 'Send Money', dan tentukan nominal uang yang akan dikirimkan.

Pembayaran dilakukan melalui kartu debit atau kartu kredit. oleh karena itu Anda diminta untuk membayar biaya administrasi kepada Stripe, mitra pemrosesan pembayaran Clubhouse.

Berita tentang pembayaran langsung datang tak lama setelah Clubhouse mengumumkan program akselerator pembuat konten pertamanya, Clubhouse Creator First, yang akan melibatkan 20 calon pembawa acara dan pembuat konten untuk membantu mereka membangun pemirsa dan memonetisasi acara mereka.

Apa yang dilakukan oleh Clubhouse ini tentunya merupakan upaya untuk mempertahankan keberadaan kreator konten yang kini mulai beralih ke salah satu platform media sosial baru dengan format sama.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

audio clubhouse
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top