Ilustrasi sperma/Istimewa
Health

Daftar Makanan untuk Meningkatkan Kualitas Sperma dan Kesuburan Pria

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 7 April 2021 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diet adalah salah satu faktor umum yang mempengaruhi kesuburan pria.

Makan beberapa makanan tertentu telah dikaitkan dengan peningkatan kualitas sperma dan kesuburan pria secara keseluruhan. Berbicara tentang makanan dan kesuburan pria, menurut temuan terbaru, kacang pohon, almond, hazelnut, dan kenari telah diketahui dapat meningkatkan vitalitas, motilitas, dan morfologi sperma.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Andrology telah mendemonstrasikan proses molekuler di balik bagaimana konsumsi kacang pohon mengubah kualitas sperma.

Studi tersebut menemukan bahwa mengonsumsi kacang dapat mengubah kualitas sperma hanya dalam 14 minggu. Studi ini melibatkan 72 partisipan pria sehat yang mengikuti diet gaya barat, yang tinggi daging merah, makanan olahan, dan gula.

48 dari mereka diminta untuk memadukan 60 gram kacang pohon setiap hari selama 14 minggu dan 24 sisanya melanjutkan gaya hidup khas mereka dan pola makan barat.

Pada akhir percobaan, pria dengan diet berat memiliki 36 daerah genom DNA sperma mereka dan dimetilasi secara berbeda dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dari wilayah tersebut, 9,72 persen dianggap hipermetilasi.

Temuan ini memberikan bukti pertama bahwa menambahkan kacang-kacangan ke dalam makanan gaya Barat biasa berdampak pada metilasi DNA sperma di wilayah tertentu.

Makanan lain yang dapat meningkatkan kesehatan sperma dan kesuburan sebagai berikut seperti dilansir dari Times of India :

1. Biji labu

Biji labu kaya akan seng dan mineral penting lainnya untuk pembentukan sperma. Kadar seng yang rendah telah dikaitkan dengan kadar testosteron yang rendah, kualitas sperma yang buruk, dan peningkatan risiko kemandulan pria.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan asam amino L-arginine yang dapat menggandakan volume sperma dan air mani. Cokelat yang lebih pekat, semakin baik.

3. Delima

Jus buah delima sarat dengan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Minum jus delima juga meningkatkan kinerja seksual dan mengurangi kemungkinan disfungsi ereksi pada pria, kata penelitian.

4. Sayuran hijau

Sayuran berdaun gelap seperti selada, bayam, kubis brussel kaya akan folat yang dapat membantu menghasilkan sperma yang sehat dan kuat.

5. Vitamin C

Jeruk sangat kaya vitamin C yang telah terbukti meningkatkan motilitas, morfologi, dan jumlah sperma. Makanan lain yang kaya vitamin C adalah tomat, kubis brussel, kubis dan brokoli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro