Teh hijau/dummies.com
Health

Beragam Manfaat Teh Hijau, Cegah Kanker Salah Satunya

Luke Andaresta
Selasa, 13 April 2021 - 10:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Teh adalah salah satu minuman paling populer yang dikonsumsi di seluruh dunia dan praktik minum teh terkait dengan banyak tradisi di beberapa negara. Ada dua jenis teh yang paling dikenal yaitu hijau dan hitam. Di antaranya, efek paling menguntungkan bagi kesehatan manusia telah diamati dengan mengonsumsi teh hijau.

Melansir dari Express UK, ada banyak senyawa yang ditemukan dalam teh hijau yang telah terbukti memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Hasil sebuah studi dalam jurnal Chinese Medicine memberikan gambaran umum tentang manfaat kesehatan ini.

Dalam studi tersebut, efek kesehatan dari teh hijau terutama dikaitkan dengan kandungan polifenolnya. Polifenol adalah senyawa yang ditemukan pada tumbuhan dan dua yang paling melimpah dalam teh hijau adalah flavonoid dan flavonol.

Flavonol teh hijau, juga dikenal sebagai katekin, memberikan perlindungan terhadap penyakit degeneratif. Studi menunjukkan bahwa polifenol teh hijau dapat melindungi terhadap penyakit Parkinson dan Alzheimer dan penyakit neurodegeneratif lainnya.

Penyakit Alzheimer adalah kelainan otak progresif yang tidak dapat disembuhkan yang perlahan-lahan menghancurkan ingatan dan keterampilan berpikir.

Terlebih lagi, mengonsumsi teh hijau juga dikaitkan dengan pencegahan berbagai jenis kanker.

Teh hijau juga telah terbukti meningkatkan pertahanan tubuh terhadap penyakit jantung, salah satu pembunuh utama di seluruh dunia. Teh hijau mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah tinggi.

Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari minum teh hijau, anda harus berkomitmen pada gaya hidup sehat. Makan makanan yang sehat dan seimbang adalah bagian penting dari menjaga kesehatan yang baik dan dapat membantu anda merasa lebih baik.

Selain makan dengan baik, anda juga harus berolahraga secara teratur. Menurut pedoman kesehatan Inggris, anda harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang dalam seminggu atau 75 menit aktivitas intensitas kuat dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Luke Andaresta
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro