Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

9 Jenis Minuman untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Berikut 9 jenis minuman yang diklaim mampu menurunkan kadar kolesterold dalam tubuh, seperti dilansir dari situs Medical News Today, Kamis (25/3/2021)
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  15:05 WIB
Secangkir teh hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh  -  Istimewa.
Secangkir teh hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh - Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - Selain diproduksi secara alami oleh organ hati, kolesterol juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu.

Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan menumpuk di pembuluh darah dan mengganggu aliran darah yang nantinya mengganggu kesehatan. Karena itu, Anda perlu pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah setidaknya setiap 3-5 tahun sekali.

Umumnya, orang dengan kadar kolesterol tinggi akan memeriksa kesehatan ke dokter dan diberikan obat khusus. Namun, Anda juga bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Berikut 9 jenis minuman yang diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, seperti dilansir dari situs Medical News Today, Kamis (25/3/2021).

1. Teh Hijau
Teh hijau sendiri mengandung katekin dan senyawa antioksidan yang membantu menurunkan LDL ‘jahat’ dan kadar kolesterol. Sebuah studi dilakukan untuk membukti bahwa katekin dan senyawa antioksidan dalam teh hijau mampu mengurangi LDL jahat sekitar 14,4 persen dalam 8 minggu.

2. Susu Kedelai
Mengganti penggunaan krim atau susu berlemak tinggi dengan susu kedelai mampu membantu mengurangi kadar kolesterol. Susu kedelai diketahui memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Internasional merekomendasikan untuk mengonsumsi 2-3 porsi makanan dan minuman yang berbahan dasar kedelai setiap harinya.

3. Minuman Gandum (Oat Drinks)
Sebuah tinjauan pada 2018 menemukan bahwa minuman yang berbahan dasar gandum dapat menurunkan kadar kolesterol ketimbang makanan yang berbahan dasar gandum. Pastikan minuman yang akan dikonsumsi atau dibeli memiliki kandungan beta-glukan.

4. Jus Tomat
Tomat kaya akan senyawa Likopen, yaitu hidrokarbon karotenoid merah cerah yang terkandung pada buah-buahan serta sayuran merah, seperti wortel, semangka, tepurang, dan pepaya.

5. Jus Beri
Banyak buah beri berian yang kaya akan antioksidan dan serat. Keduanya diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah beri yang perlu diketahui memiliki kandungan tersebut antara lain, Strawberry, Blueberry, Blackberry, dan Raspberry.

Beri berian juga bisa dibuat smoothies dengan cara mencampurkan dua buah atau sekitar 80 gram buah beri apa pun. Kemudian campurkan dengan setengah cangkir susu rendah lemak atau yogurt dan setengah cangkir air dingin.

6. Minuman Kakao
Kakao adalah bahan utama dalam pembuatan cokelat. Kakao mengandung antioksidan yang disebut flavanol dan asam lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Sebuah studi 2015, menemukan bahwa mengonsumsi minuman 450mg yang mengandung flavanol dua kali dalam sehari selama 1 bulan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol HDL baik.

7. Tanaman Smoothie Susu
Banyak jenis susu nabati yang mengandung bahan untuk membantu menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol.

8. Alkohol
Beberapa penelitian menemukan bahwa dengan mengonsumsi alkohol kadar rendah hingga sedang dapat lebih bermanfaat dalam hal kesehatan jantung daripada tidak minum sama sekali.

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang meningkatkan kadar kolesterol HDL baik dalam takaran satu botol tergantung dari jenis kelamin, usia, juga jenis alkohol yang dikonsumsi.

9. Minuman Mengandung Sterol dan Stanol
Sterol dan stanol adalah bahan kimia tumbuhan yang bentuk dan ukurannya mirip dengan kolesterol yang menghalangi penyerapan beberapa kolesterol. Namun, sayuran dan kacang-kacangan mengandung kadar sterol dan stanol rendah yang tidak dapat menurunkan kolesterol.

Perusahaan makanan menambahkan bahan kimia ini ke beberapa makanan dan minuman, termasuk minuman yogurt yang diperkaya, susu, dan jus buah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol tips sehat
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top