Ilustrasi olahraga bersepeda / Istimewa
Health

10 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Hanafi Nurmahdi
Senin, 19 April 2021 - 18:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Olahraga tentunya ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi kesehatan mental.

Olahraga tetap menghasilkan manfaat bagi kesehatan tubuh, berapapun jumlah porsi latihan atau di bawah jumlah yang disarankan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan manusia untuk tetap menjaga kesehatannya.

Berikut 10 manfaat olahraga atau aktivitas yang teratur untuk menjaga kesehatan fisik dan mental tubuh Anda:

1. Mengontrol Diabetes
Menurut American Diabetes Association (ADA), berbagai jenis olahraga dapat bermanfaat bagi orang yang berisiko mengidap diabetes tipe 2 dengan cara mengontrol gula darah, mengurangi faktor risiko kardiovaskular, membantu menurunkan berat badan, menunda atau mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

2. Mengurangi Risiko Mengidap Kanker
National Cancer Institute mengatakan ada bukti kuat bahwa tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi terkait dengan risiko yang lebih rendah dari kanker, diantaranya kanker usus besar, perut, kerongkongan, payudara, kandung kemih, rahim (endometrium) dan ginjal.

3. Mengatur Suasana Hati
Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kecemasan (anxiety). Manfaat ini dapat dimulai tepat setelah sesi olahraga sedang atau berat. Olahraga teratur dalam jangka panjang juga dapat membantu mengurangi risiko depresi.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Olahraga teratur dapat membantu mencegah kehilangan kepadatan tulang yang terjadi karena penuaan. Penguatan otot dapat dilakukan dengan latihan aerobik, serta program penguatan tulang. Pelatihan untuk kepadatan tulang bisa dimulai dengan olahraga sekitar 90 menit dalam seminggu.

5. Membangun dan Memperkuat Otot
Latihan fisik berat seperti angkat beban mampu membantu membangun dan memperkuat otot. Latihan membentuk otot sangat penting bagi orang dewasa seiring bertambahnya usia.

6. Meningkatkan Kesempatan Hidup
Menurut penelitian tahun 2018, menunjukkan bahwa aktivitas fisik menunda kematian dari semua penyebab. Bahkan, manfaatnya mulai terhitung dari jumlah latihan sedang hingga berat yang dilakukan.

7. Mengontrol Berat Badan
CDC mengatakan bahwa olahraga dapat membantu mempertahankan berat badan dari waktu ke waktu, meskipun diperlukan waktu lebih lama dari jumlah yang disarankan untuk melakukannya. Secara umum, menurunkan berat badan dan kemudian mempertahankannya juga membutuhkan diet yang sehat dan seimbang.

8. Mengurangi Risiko Cedera
Menurut CDC, aktivitas fisik yang mencakup lebih dari satu jenis olahraga, seperti latihan aerobik, latihan keseimbangan, atau penguatan otot, dapat membantu mengurangi risiko jatuh dan risiko cedera pada orang yang lebih tua.

9. Menjaga Pola Tidur
Dengan olahraga teratur dapat membantu menjaga pola tidur, dengan meningkatkan efisiensi tidur, meningkatkan kualitas tidur dan tidur nyenyak, mengurangi kantuk di siang hari, dan mengurangi mengonsumsi obat tidur.

10. Mencegah Osteoporosis
Olahraga dapat meningkatkan kesehatan tulang, dapat mengobati atau mencegah osteoporosis. Olahraga yang teratur juga membantu mencegah jatuh dan patah tulang yang berkaitan dengan kelemahan otot dan kurangnya keseimbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro