Demi menjaga kenyamanan seluruh pengguna MRT Jakarta, pengguna sepeda nonlipat hanya boleh menggunakan MRT Jakarta di luar jam sibuk (07.00--09.00 WIB dan 17.00--19.00 WIB), menggunakan kereta nomor enam di setiap rangkaian, serta maksimal empat sepeda per keberangkatan. /Antara
Travel

Akses Diperbaiki, Pesepeda Kini Makin Nyaman Naik MRT

Fatkhul Maskur
Selasa, 20 April 2021 - 11:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pesepeda kini makin makin nyaman bepergian dengan kereta, setelah PT MRT Jakarta (Perseroda) melakukan perbaikan akses sepeda nonlipat. Saat ini, akses sepeda nonlipat terdapat di tiga stasiun, yaitu Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI.

Plt. Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo mengatakan perbaikan akses sepeda nonlipat itu merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap mobilitas masyarakat pengguna sepeda.

"Setelah akses sepeda nonlipat di lingkungan stasiun dan ratangga dicanangkan pada 24 Maret lalu, antuasiasme masyarakat menggunakan fasilitas tersebut sangat tinggi," katanya seperti dikutip Antara, Selasa (20/4/2021).

MRT Jakarta pun mendapatkan saran dan masukan dari sejumlah komunitas di antaranya ITDP Indonesia, Bike 2 Work Indonesia, serta pelibatan publik.

Sejak pencanangan akses jalur sepeda nonlipat, MRT Jakarta telah melakukan beberapa perbaikan akses jalur sepeda nonlipat, yaitu penggunaan material karpet coil plastic pada tangga landai (ramp) guna menjaga permukaan tidak licin.

Selain itu, tangga landai juga telah dilakukan reposisi dan modifikasi agar pedal sepeda tidak tersangkut.

MRT Jakarta melakukan penambahan rak sepeda (bike rack) menjadi 20 unit di tiga stasiun, yakni di Stasiun Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI.

Kemudian, volunteer atau relawan juga ikut dilibatkan untuk membantu dan mengarahkan penumpang bersepeda.

Ahmad menjelaskan akses sepeda nonlipat yang disediakan MRT Jakarta terdapat di tiga stasiun, yaitu Lebak Bulus Grab, Blok M BCA, dan Bundaran HI.

Berbagai fasilitas penunjang juga disediakan seperti fasilitas parkir sementara di sejumlah titik seperti sekitar mesin penjual tiket (ticket vending machine), toilet, dan musala.

"MRT Jakarta juga menyediakan jalur sepeda yang terletak pada tangga stasiun dan sticker tanda pada stasiun dan kereta," kata dia.

Demi menjaga kenyamanan seluruh pengguna MRT Jakarta, pengguna sepeda nonlipat hanya boleh menggunakan MRT Jakarta di luar jam sibuk (07.00—09.00 WIB dan 17.00—19.00 WIB), menggunakan kereta nomor enam di setiap rangkaian, serta maksimal empat sepeda per keberangkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro