Deteksi dini gejala adenomiosis dari endometriosis/boldsky.com
Health

Ini Perbedaan Adenomiosis dan Endometriosis. Cek Cara Mengobatinya

Novita Sari Simamora
Rabu, 21 April 2021 - 09:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Adenomiosis tidak mirip dengan endometriosis. Perempuan dengan adenomiosis juga dapat mengembangkan endometriosis.

Meskipun adenomiosis dan endometriosis bisa menyakitkan bagi wanita, adenomiosis umumnya cenderung memiliki rasa sakit yang berhubungan dengan menstruasi wanita.

Bagaimana cara mendiagnosis adenomiosis?

Untuk memulainya, evaluasi medis lengkap dapat membantu menentukan jenis perawatan yang diperlukan. Pertama, perlu ditentukan apakah rahim membengkak atau tidak.

Biasanya, wanita dengan adenomiosis menyaksikan uterus yang membengkak dua atau tiga kali lipat dari ukuran normalnya.

Apakah adenomiosis berdampak pada kesuburan?

Banyak wanita yang menderita adenomiosis juga dapat mengalami endometriosis, itulah sebabnya sulit untuk menyatakan secara tepat peran apa yang mungkin dimainkan adenomiosis dalam masalah kesuburan. Tetapi dokter telah menyebutkan bahwa adenomiosis berkontribusi pada masalah kesuburan. Adenomiosis juga dapat membuat wanita dan bayinya berisiko tinggi mengalami kelahiran prematur.

Pilihan untuk mengobati adenomiosis

Pengobatan adenomiosis tergantung pada gejalanya. Terkadang gejala dapat diobati dengan obat pereda nyeri atau dengan kantong air panas untuk meredakan nyeri. Berikut adalah beberapa perawatan yang ditujukan untuk mengurangi gejala adenomiosis yang meliputi:

1. Obat anti inflamasi

2. Perawatan hormonal

3. Ablasi endometrium

4. Embolisasi arteri uterus

Apakah Adenomiosis dapat disembuhkan?

Histerektomi adalah salah satu pilihan untuk menyembuhkan adenomiosis yang melibatkan operasi pengangkatan rahim. Opsi ini hanya dipertimbangkan selama kasus wanita yang parah yang tidak ingin merencanakan kehamilannya.

Meskipun adenomiosis bukanlah kondisi ginekologis yang mengancam jiwa, ada perawatan yang tersedia untuk membantu meringankan gejalanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro