Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Makanan Super untuk Kontrol Gula Darah dan Cegah Diabetes

Gejala umum kecemasan termasuk sering buang air kecil, penurunan berat badan, penglihatan kabur, kelelahan ekstrim dan peningkatan rasa haus dan lapar. Gejala diabetes pada wanita dapat menyebabkan infeksi jamur, vagina kering, dan infeksi saluran kemih.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  08:55 WIB
Tomat - Istimewa
Tomat - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Diabetes adalah penyakit kronis di mana kadar gula darah Anda naik secara tidak normal, memengaruhi berbagai organ tubuh Anda.

Produksi insulin yang tidak mencukupi adalah penyebab utama diabetes. Berbagai jenis diabetes dapat terjadi pada Anda yang menyebabkan berbagai jenis dampak pada kesehatan Anda. Begitu kadar gula darah Anda mulai naik, tidak ada jalan untuk kembali dari itu.

Gejala umum kecemasan termasuk sering buang air kecil, penurunan berat badan, penglihatan kabur, kelelahan ekstrim dan peningkatan rasa haus dan lapar. Gejala diabetes pada wanita dapat menyebabkan infeksi jamur, vagina kering, dan infeksi saluran kemih.

Wanita hamil juga bisa menderita diabetes yang dikenal dengan diabetes gestasional. Ada banyak komplikasi kesehatan yang menyertai diabetes seperti gagal ginjal, stroke jantung, depresi, demensia, kondisi kulit, gangguan pendengaran, dan kehilangan penglihatan.

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan ketika Anda penderita diabetes adalah gaya hidup dan kebiasaan makan Anda. Anda harus makan sehat jika ingin menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Ada makanan kuat tertentu yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Anda jelas harus terus minum obat, tetapi makanan ini akan membuat proses menjadi lebih mudah bagi Anda. Makanan yang bergizi dan memiliki indeks glikemik rendah bermanfaat bagi penderita diabetes.

Berikut 5 makanan terbaik untuk mengontrol diabetes seperti dilansir dari Time Now News:

1. Tomat

Tomat mengandung likopen yang mengurangi risiko banyak penyakit kronis termasuk diabetes. Ia memiliki GI yang sangat rendah yang merupakan suatu keharusan ketika Anda penderita diabetes. Tomat adalah makanan non-tepung yang artinya dibuat khusus untuk pasien gula darah. Konsumsi tomat sangat menyehatkan tidak hanya untuk situasi diabetes tetapi juga untuk komplikasi kesehatan yang menyertai diabetes.

2. Jeruk

Jeruk adalah makanan jeruk yang kaya serat. Anda bisa makan buahnya atau minum jus jeruk. Keduanya bermanfaat dalam kasus ini. Jika Anda memilih untuk meminum jus, pastikan Anda tidak menambahkan gula di dalamnya. Buah jeruk memiliki kemampuan menurunkan risiko diabetes.

3. Kacang- Kacang sangat bergizi

Ia memiliki mineral seperti kalium dan magnesium yang memberikan jumlah nutrisi yang Anda butuhkan untuk melawan diabetes. Kacang memiliki GI rendah. Ini melindungi Anda dari semua komplikasi yang dialami tubuh Anda saat Anda menderita gula darah tinggi.

4. Kale

Kale bersama dengan sayuran berdaun hijau lainnya adalah makanan terbaik untuk diabetes. Ini mengandung vitamin A dan vitamin K. Ini memiliki banyak nutrisi yang menetralkan kadar gula darah Anda. Itu dianggap sebagai makanan super. Orang mengkonsumsi kangkung baik yang dimasak atau bahkan direbus. Beberapa orang lebih suka minum jus kangkung karena lebih efektif dan bertindak lebih cepat dibandingkan dengan makan sayuran.

5. Kacang / Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti kenari dan biji rami mengandung serat, magnesium, dan asam lemak omega-3. Ini tidak hanya baik untuk diabetes tetapi juga untuk kesehatan jantung dan kadar kolesterol Anda. Jika Anda penderita diabetes, Anda harus selalu membawa kacang karena kacang membantu mengontrol kadar gula darah Anda. Orang yang makan kacang memiliki risiko rendah terkena diabetes.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top