Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Clubhouse Mulai Kehilangan Taring, Jumlah Unduhan Terus Merosot

Aplikasi jejaring sosial obrolan audio khusus undangan, Clubhouse mulai kehilangan taringnya setelah sempat popular pada awal 2021 yang mencapai total unduhan 9,6 juta kali per Februari 2021.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 08 Mei 2021  |  17:00 WIB
Clubhouse merupakan aplikasi yang membiarkan penyelenggara mengadakan sebuah ruang obrolan layaknya siaran radio daring.  - Bloomberg
Clubhouse merupakan aplikasi yang membiarkan penyelenggara mengadakan sebuah ruang obrolan layaknya siaran radio daring. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi jejaring sosial obrolan audio khusus undangan, Clubhouse mulai kehilangan taringnya setelah sempat popular pada awal 2021 yang mencapai total unduhan 9,6 juta kali per Februari 2021.

Dikutip melalui Business Insider, berdasarkan data Sensor Tower, saat ini total unduhan Clubhouse merosot tajam menjadi 900.000 ribuan kali. Penurunan jumlah unduhan pengguna ini menandakan adanya perlambatan pada platform tersebut.

Dalam perjalanannya, data Sensor Tower mencatat download Clubhouse saat ini sekitar 922.000 kali secara global pada April 2021. Angka ini mengalami penurunan 66 persen dari 2,7 juta install pada Maret dan lonjakan unduhan 9,6 juta pada Februari 2021.

"Pertumbuhan pengguna pada April tampaknya telah berkurang dalam beberapa bulan terakhir. Namun, data menunjukkan retensi kuat di antara pengguna," tulis Sensor Tower seperti dikutip Bisnis, Sabtu (8/5/2021).

Penurunan signifikan pada jumlah unduhan dinilai cukup mengkhawatirkan bagi kinerja perusahaan. Angka itu berarti jumlah pengguna potensial aplikasi tersebut masih sedikit.

Clubhouse pun mengantisipasi fenomena tersebut dengan mencoba berinovasi menghadirkan berbagai fitur baru mulai dari layanan monetisasi konten hingga sejumlah program untuk membantu para kreator konten. 

Aplikasi ini juga sedang menyiapkan ketersediaan di platform Android untuk memperluas jangkauan pengguna. Namun, usaha itu sepertinya masih belum cukup untuk menumbuhkan kembali taringnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

audio clubhouse
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top