Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Antikanker-Antibakteri, Berikut Manfaat Kayu Gaharu untuk Kesehatan

Gaharu juga mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan: membantu meningkatkan nafsu makan dengan bekerja pada cairan lambung dan fungsi hati.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Mei 2021  |  14:38 WIB
Antikanker-Antibakteri, Berikut Manfaat Kayu Gaharu untuk Kesehatan
Pohon Gaharu. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kayu gaharu (Agallochum malaccense) disebut sebagai kayu wewangian yang digunakan untuk memproduksi parfum, minyak, kemenyan, atau jamu yang harganya cukup mahal.

Kayu gaharu juga dikenal dengan sebutan kayu Agar,  Kayu Ales, Oud, Chen Xiang, Kalamabak, dan Jinkoh.

Gaharu merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara. Belakangan ini, kayu gaharu semakin banyak dibudidayakan untuk memenuhi permintaan internasional.

Dari segi sejarah, lebih dari 10 negara dan wilayah masih terdapat atau pernah tumbuh beberapa spesies tertentu pohon gaharu. Negara-negara tersebut antara lain: India, Vietnam, Thailand, Laos, Myanmar, Malaysia, Singapura, Indonesia, Kamboja, dan China.

Di China, kayu ini terutama ditemukan di daerah-daerah seperti Guangdong, Guangxi, Yunnan, Hainan, Taiwan, dan Hong Kong. Di Indonesia, kayu gaharu tengah populer untuk digunakan sebagai aksesoris, dekor interior, serta berbagai kerajinan kayu lainnya.

Gaharu juga mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan: membantu meningkatkan nafsu makan dengan bekerja pada cairan lambung dan fungsi hati.

Hal ini membantu mengatasi perut kembung, dan melepaskan angin dari usus. Dengan demikian, gaharu dapat mengurangi nyeri perut dan kram yang terjadi akibat kelebihan gas di saluran pencernaan.

Keluarga Hindu tradisional juga menggunakannya untuk meningkatkan kemampuan belajar dan meningkatkan daya ingat.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari kayu gaharu yang dilansir dari laman Plantations International.

1. Kanker payudara

Minyak kayu gaharu telah diteliti karena sifat antikanker. Dalam kultur sel ditemukan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara MCF-7. Para peneliti menentukan bahwa hasil mereka menjamin penyelidikan lebih lanjut tentang viabilitas minyak Gaharu sebagai terapi antikanker.

2. Kesehatan kulit

Sebagai anti-inflamasi, membuat kayu Gaharu berguna untuk kondisi kulit apapun, seperti kulit kemerahan, bengkak, dan iritasi.

Sebagai antibakteri, maka minyak dari kayu gaharu dapat menghilangkan bakteri dari kulit dan membantu mengurangi jumlah flek.

Dalam Ayurveda, gaharu digunakan sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit dan gangguan kulit. Gunakan satu atau dua tetes minyak kayu gaharu yang dicampur dengan krim atau losion perawatan kulit biasa.

3. Mengurangi rasa sakit, rematik

Dengan sifat analgesik, antiartritik dan anti-inflamasi, kayu gaharu dapat membantu meredakan nyeri dan mengurangi peradangan yang terkait dengan rematik dan artritis.

4. Mengusir bau mulut

Para peneliti telah mencatat bahwa minyak Gaharu efektif melawan sejumlah bakteri. Bakteri penyebab bau mulut, dan secara tradisional dapat menyegarkan napas.

5. Mengontrol hormon

Minyak gaharu dapat memengaruhi hormon yang merangsang menstruasi dan mengatur menstruasi yang tidak teratur. Manfaat lainnya, dapat menciptakan keseimbangan bagi wanita yang mendekati menopause untuk meringankan banyak masalah yang muncul pada saat itu dalam hidup.

6. Mengatasi batuk

Saat mengalami batuk kering dan tidak produktif yang disebabkan oleh peradangan, iritasi pada jaringan sensitif di saluran napas, gaharu dapat membantu mengurangi peradangan dan menenangkan batuk, sehingga jaringan yang peka akan kembali ke keadaan normal.

7. Meredakan sindrom kaki gelisah

Sindrom kaki gelisah dapat diredakan dengan minyak kayu gaharu.  Sindrom kaki gelisah sangat mengganggu pada malam hari dan sering mengganggu tidur. Gosokkan satu atau dua tetes minyak kayu gaharu ke kaki sebelum tidur untuk membantu meringankan masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit kanker payudara Batuk

Sumber : Tempo.co

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top