Silaturahmi virtual ala pemilik motor Honda. /AHM
Fashion

Trafik Internet Lebaran Melejit : Pesan Instan, Gim, Streaming Video

Newswire
Rabu, 19 Mei 2021 - 15:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Operator seluler di Indonesia mengalami kenaikan trafik layanan data selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri, didominasi penggunaan aplikasi untuk berkomunikasi.

Operator seluler Smartfren mencatat kenaikan trafik data saat Ramadhan dan Idulfitri naik 36 persen dibandingkan periode tahun lalu.

VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat menilai kenaikan trafik lebih tinggi dari perkiraan mereka, kebanyakan berasal dari wilayah perumahan karena ada pembatasan aktivitas akibat pandemi virus corona.

"Kenaikan traffic data kali ini sedikit lebih tinggi dibandingkan prediksi, namun, dapat ditangani dengan baik," kata Agus, dalam keterangan pers, dikutip Rabu.

Catatan Smartfren, peningkatan trafik berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Jawa Tengah.

Penggunaan internet yang tinggi di operator seluler tersebut berasal dari panggilan video dan streaming video.

Sementara operator seluler 3, dalam keterangan pers terpisah, juga mencatat kenaikan penggunaan internet, paling banyak berasal dari aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, yang naik 60 persen dibandingkan sebelum periode Ramadhan dan Idulfitri.

Operator seluler ini tidak secara spesifik menyebutkan berapa besar kenaikan trafik data selama periode Ramadhan dan Idulfitri, namun melihat ada kenaikan penggunaan aplikasi tertentu.

Selain aplikasi pesan instan, aplikasi mobile gaming dan streaming video juga naik saat libur Idulfitri. Game PUBG Mobile dan Mobile Legends naik antara 90 persen hingga 150 persen, sementara Netflix dan Youtube sekitar 30 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro