Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Beragam Manfaat Klorofil untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Klorofil atau zat hijau daun sejak lama diketahui memiliki manfaat kesehatan yang bisa menjaga kebugaran tubuh hingga mencegah penyakit serius
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Mei 2021  |  12:34 WIB
Beragam Manfaat Klorofil untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
Bayam - bandt.com.au
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Klorofil berperan penting dalam membuat tanaman menjadi hijau dan sehat. Ia juga memiliki vitamin, antioksidan, dan sifat terapeutik yang berpotensi bermanfaat bagi tubuh Anda.

Anda bisa mendapatkan klorofil dari tumbuhan atau suplemen, meskipun suplemen mungkin lebih efektif. Ini karena klorofil mungkin tidak bertahan dalam pencernaan cukup lama untuk penyerapan.

Suplemen klorofil sebenarnya adalah klorofilin, yang mengandung tembaga, bukan magnesium. Ketika dosis klorofilin diambil, tembaga dapat dideteksi dalam plasma, yang berarti telah terjadi penyerapan.

Para peneliti terus mengeksplorasi bagaimana klorofil dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran. Berikut sejumlah manfaat klorofil untuk kesehatan dilansir dari Healthline:

1. Penyembuhan kulit

Klorofilin telah menunjukkan kemungkinan efek untuk mengurangi peradangan dan pertumbuhan bakteri pada luka kulit.

Review penelitian perawatan luka tahun 2008 melibatkan beberapa studi tentang salep yang mengandung papain-urea-chlorophyllin.

Sementara studi individu menemukan salep ini lebih efektif daripada perawatan lain, pengulas mencatat bahwa studi yang lebih besar dan terkontrol lebih baik diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Klorofilin mungkin juga efektif untuk kondisi kulit lainnya, sebagaimana dibuktikan oleh hasil dari dua studi percontohan. Studi percontohan adalah studi pendahuluan skala kecil yang dilakukan sebelum studi atau uji coba yang lebih besar.

Sebuah studi percontohan 2015 dari 10 orang dengan jerawat dan pori-pori besar mengalami perbaikan kulit ketika gel klorofilin topikal digunakan selama 3 minggu.

Studi percontohan 2015 lainnya, yang juga melibatkan 10 orang, menemukan bahwa menggunakan klorofilin topikal selama 8 minggu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari.

2. Pembangun darah

Beberapa orang berpendapat bahwa klorofil cair dapat membangun darah Anda dengan meningkatkan kualitas sel darah merah.

Sebuah studi percontohan tahun 2004 menunjukkan bahwa rumput gandum, yang mengandung sekitar 70 persen klorofil, mengurangi jumlah transfusi darah yang dibutuhkan pada orang dengan talasemia, kelainan darah.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penulis penelitian tidak menyimpulkan bahwa klorofil adalah alasan penurunan kebutuhan transfusi.

Chris Reynolds, seorang ahli klinis di rumput gandum, percaya bahwa manfaat kemungkinan besar berasal dari rumput gandum itu sendiri daripada dari klorofil.

Tidak jelas bagaimana rumput gandum memengaruhi sel darah merah. Tapi diyakini bahwa klorofil dihancurkan selama produksi ekstrak rumput gandum.

3. Detoksifikasi dan kanker

Para peneliti telah melihat efek klorofil dan klorofilin pada kanker.

Satu penelitian pada hewan pada ikan trout menemukan bahwa, tergantung pada dosisnya, klorofil mengurangi kejadian tumor hati sebesar 29 hingga 63 persen dan tumor perut sebesar 24 hingga 45 persen.

Sebuah studi 2018Trusted Source menilai efek klorofil pada pertumbuhan sel kanker pankreas.

Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi klorofil oral setiap hari secara signifikan mengurangi ukuran tumor pada tikus yang telah ditransplantasikan dengan sel kanker pankreas manusia.

Sementara hasil penelitian pada hewan menjanjikan, baru-baru ini ada uji coba pada manusia. Sebuah penelitian kecil terhadap empat sukarelawan menemukan bahwa klorofil dapat membatasi aflatoksin yang tertelan, senyawa yang diketahui menyebabkan kanker.

Hal ini sejalan dengan studi lamaTrusted Source dari China di mana konsumsi klorofilin pada setiap makan menyebabkan penurunan biomarker aflatoksin 55 persen dibandingkan dengan plasebo.

Dengan demikian, uji klinis di China akan melihat efek klorofilin pada kanker hati selama 20 tahun, menurut International Business Times.

Percobaan juga sedang direncanakan untuk memeriksa bagaimana diet kaya klorofil dapat memengaruhi risiko kanker usus besar. Pola makan seperti itu akan melibatkan peningkatan asupan sayuran hijau seperti bayam dan peterseli.

Namun, sebuah studi kelayakan 2019Trusted Source menemukan bahwa kepatuhan terhadap diet semacam itu lebih rendah dari yang diharapkan, dengan peserta hanya memenuhi pedoman 73,2 persen.

4. Penurunan berat badan

Salah satu klaim paling populer yang terkait dengan klorofil cair adalah dukungan penurunan berat badan. Namun, penelitian tentang topik ini saat ini sangat terbatas.

Sebuah studi tahun 2014 yang melibatkan 38 partisipan wanita menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen membran tumbuhan hijau, yang termasuk klorofil, sekali sehari mengalami penurunan berat badan yang lebih besar daripada kelompok yang tidak mengonsumsi suplemen tersebut.

Para peneliti juga menyarankan bahwa suplemen tersebut mengurangi kadar kolesterol berbahaya. Mekanisme di balik temuan ini, dan apakah itu melibatkan klorofil, saat ini tidak diketahui.

5. Deodoran alami

Sementara klorofilin telah digunakan sejak 1940-an untuk menetralkan bau tertentu, penelitian sudah ketinggalan zaman dan menunjukkan hasil yang beragam.

Sumber terpercaya studi terbaru orang dengan trimethylaminuria, suatu kondisi yang menyebabkan bau amis, menemukan bahwa klorofilin secara signifikan menurunkan jumlah trimetilamina.

Adapun klaim tentang klorofilin mengurangi bau mulut, hanya ada sedikit bukti yang mendukungnya.

Efek samping

Klorofil dan klorofilin alami tidak diketahui beracun. Tetapi ada beberapa kemungkinan efek samping, termasuk:

1. Masalah pencernaan
2. Diare
3. Tinja berwarna hijau, kuning, atau hitam, yang dapat disalahartikan sebagai pendarahan gastrointestinal
gatal atau terbakar, bila dioleskan

Para peneliti belum mempelajari efek mengonsumsi klorofil pada wanita hamil atau menyusui.

Menurut Oregon State University, dosis rata-rata suplemen klorofilin adalah antara 100 dan 300 miligram (mg) per hari selama tiga dosis terbagi.

Suplemen klorofil tidak diatur, dan dosisnya bervariasi. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk memutuskan apakah Anda membutuhkannya dan dosis apa yang tepat untuk Anda.

Beberapa orang memasukkan klorofil ke dalam makanan mereka dengan menambahkan bentuk cair ke dalam resep. Anda juga bisa menambahkan bentuk bubuk ke dalam air, jus, atau saus.

Tanaman yang segar dan hijau mungkin merupakan sumber klorofil yang baik. Artinya sayuran dan rempah-rempah seperti:

1. Rumput gandum
2. Kacang hijau
3. Bayam
4. Peterseli
5. Arugula
6. Kacang polong
7. Daun bawang

Menurut Oregon State University, satu cangkir bayam mentah mengandung sekitar 24 mg klorofil. Peterseli memiliki sekitar 19 mg per cangkir. Anda bisa mencampurkan peterseli dengan air untuk membuat minuman "klorofil cair".

Sayuran lainnya rata-rata 4 sampai 15 mg per cangkir. Sumber klorofil terbaik Anda akan berasal dari sayuran dan herba yang berwarna hijau, luar dan dalam.

Sayuran seperti brokoli dan asparagus mungkin berwarna hijau di luar, tetapi bagian dalamnya yang berwarna keputihan menunjukkan jumlah klorofil yang lebih sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan daun sirsak
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top