Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Penyebab Kolesterol Bagi Anak Muda

Kurangnya aktivitas fisik bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. Seseorang lebih sering memilih untuk berdiam diri dibandingkan melakukan olahraga. 
Meuthia Novianthree Nafasya
Meuthia Novianthree Nafasya - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  20:12 WIB
Ilustrasi kolesterol - istimewa
Ilustrasi kolesterol - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tubuh manusia membutuh kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat lainnya untuk membantu mencerna lainnya. Namun, akan menjadi bahaya jika memiliki kolesterol berlebih.  

Kolesterol merupakan zat seperti lemak yang ditemukan pada seluruh tubuh manusia. Kolesterol juga ada pada makanan sumber hewani seperti kuning telur, daging, dan keju. 

Dilansir dari medlineplus.gov menyebutkan apabila tubuh manusia memiliki kolesterol berlebih dalam darah akan membentuk Plak. Penumpukan plak ini disebut aterosklerosis yang dapat menyebabkan tersumbatnya arteri koroner. 

Apa Penyebab Kolesterol Tinggi? 

Kebiasaan memakan makanan yang tidak sehat seperti memakan lemak jahat. Hal itu ada pada beberapa daging, produk susu, cokelat, makanan yang dipanggang dan makanan yang digoreng. 

Kurangnya aktivitas fisik juga dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. Seseorang lebih sering memilih untuk berdiam diri dibandingkan melakukan olahraga. 

Selain itu, genetika juga dapat menyebabkan seseorang memiliki kolesterol tinggi. Hiperkolesterolemia Familial (FH) merupakan bentuk kolesterol yang dapat diturunkan melalui gen. 

Apa yang dapat meningkatkan risiko kolesterol seseorang meningkat? 

Umur, kadar kolesterol seseorang cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Kendati demikian, orang yang lebih muda seperti anak-anak atau remaja juga dapat memiliki kolesterol tinggi. 

Keturunan, seperti yang telah disebutkan di atas kolesterol juga dapat diturunkan dari genetika keluarga yang memiliki riwayat kolesterol tinggi. 

Berat badan, kelebihan berat badan atau biasa disebut dengan obesitas juga dapat meningkatkan kadar kolesterol seseorang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kolesterol Gejala Penyakit
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top