Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Cara Hindari Stres Saat Berjuang Hadapi Infertilitas

Infertilitas sering menjadi mimpi buruk bagi mereka yang inginkan keturunan. Kondisi infertilitas sering disebut mandul karena tidak kunjung hamil kendati telah melakukan berbagai upaya.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  16:58 WIB
Ilustrasi pasangan yang sedang menerima layanan infertilitas di klinik Morula IVF.  - morulaivf.co.id
Ilustrasi pasangan yang sedang menerima layanan infertilitas di klinik Morula IVF. - morulaivf.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Hal yang kerap kali membuat frustrasi dari rumah tangga masalah infertilitas.

Infertilitas sering menjadi mimpi buruk bagi mereka yang inginkan keturunan. Kondisi infertilitas sering disebut mandul karena tidak kunjung hamil kendati telah melakukan berbagai upaya.

Para wanita yang berjuang untuk hamil akan diuji kesabarannya karena problematika ini. Namun, Anda jangan berkecil hati agar selalu tetap waras dan minimalkan stres yang mendera.

Melansir dari brit.co, Selasa (8/6/2021) berikut langkah-langkah perawatan diri agar tidak stres hadapi infertilitas:

1. Berbicara dengan seseorang

Ketika dihadapkan dengan infertilitas, itu akan bisa membuat seseorang terasa terasingkan. Kadang-kadang, timbul perasaan sepertinya semua orang hamil kecuali Anda.

Pada saat itu, Anda seolah berada di roller coaster emosional dimana memulai setiap siklus dengan penuh harapan dan mengakhirinya dengan kekecewaan.

Ini akan melelahkan secara emosional, namun tidak harus berjuang secara diam-diam. Anda dan pasangan juga tidak boleh menghadapi badai sendirian. Bicaralah dengan pihak luar, apakah itu terapis atau teman dekat. Ini memberi Anda kesempatan untuk melepaskan emosi yang terpendam, dan itu bisa membuat perjalanan terasa tidak terlalu sepi.

2. Coba Akupunktur

Saat menjalani perawatan infertilitas, Anda sering bertemu dengan saran yang tidak diminta. Kalimat seperti 'cobalah untuk tidak stres' atau 'coba untuk mengalihkan pikiran Anda dari itu' mungkin seperti mencemooh daripada nasihat.

Daripada terus mendengarkan nasehat-nasehat dari orang lain, mengambil langkah-langkah untuk membantu tubuh rileks lebih bermanfaat.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui akupunktur. Selain mempromosikan relaksasi, para pendukung akupunktur mengatakan itu dapat membantu infertilitas dengan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

3. Merenungkan

Mengalihkan pikiran dari masalah ketidaksuburan yang di alami tidaklah mudah. Tapi, semakin Anda terobsesi akan masalah itu malah akan semakin stres.

Dan kenyataannya, tingkat stres yang tinggi justru terkait dengan kesuburan yang buruk.

Jadi, cobalah untuk membebaskan pikiran Anda dengan meditasi. Pada awalnya mungkin sulit untuk duduk dan bermeditasi ketika diliputi kekhawatiran, tetapi cobalah.

Jika memperlambat dan fokus pada pernapasan, Anda mungkin akan terkejut dengan keadaan relaksasi yang menyertainya.

4. Alihkan Perhatian

Ketika masalah ketidaksuburan membuat Anda jatuh, itu akan membuat pikiran menjadi satu jalur dengan fokus pada hal tersebut.

Tapi, tahan keinginan untuk masuk ke lubang gelap masalah kesuburan itu.

Keluar dan lakukanlah hal-hal yang membuat Anda merasa baik, entah itu berolahraga, spa, atau pergi keluar dengan teman-teman.

Berbaik hatilah pada diri sendiri. Anda adalah orang yang memiliki banyak sisi yang layak untuk menikmati kegiatan menyenangkan, terlepas dari apa di alami.

5. Istirahat

Saat Anda mencoba melawan segala rintangan tersebut untuk hamil, hal yang perlu Anda lakukan adalah mengeremnya sejenak saat tak berhasil.

Anda bertekad untuk memiliki bayi, dan seiring berjalannya waktu menjadi semakin tidak sabar.

Ketika memberi begitu banyak tekanan pada diri sendiri, sulit untuk mundur selangkah dan menyadari bahwa perlu istirahat.

Berhenti itu tidak berarti menyerah, tetapi untuk meluangkan waktu dan ruang dari proses untuk menurunkan tingkat stres Anda.

Dengan begitu, ketika siap untuk mulai mencoba lagi, Anda dapat melakukannya dengan pikiran yang lebih jernih dan semangat yang lebih baik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hamil stres Kesuburan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top