Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Alasan Mengapa Anda Tidak Lapar di Pagi Hari

Sarapan menjadi aktivitas yang penting bagi asupan harian. Dengan sarapan, tubuh akan lebih kuat memulai aktivitas harian. Namun, sering kali sarapan terlewatkan oleh beberapa orang yang tidak punya waktu atau bahkan karena tidak lapar.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  10:20 WIB
Ilustrasi. Morning sickness dapat mengurangi nafsu makan.  - Istimewa
Ilustrasi. Morning sickness dapat mengurangi nafsu makan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Sarapan menjadi aktivitas yang penting bagi asupan harian. Dengan sarapan, tubuh akan lebih kuat memulai aktivitas harian. Namun, sering kali sarapan terlewatkan oleh beberapa orang yang tidak punya waktu atau bahkan karena tidak lapar.

Lalu apakah tidak lapar di pagi hari bisa menjadi pertanda masalah serius? Tidak perlu khawatir, itu merupakan kondisi normal yang dipicu oleh beberapa faktor saja.

Berikut adalah faktor yang memicu tidak tidak merasa lapar di pagi hari seperti dilansir healtline, Jumat (11/6/2021) :

1. Makan dan camilan porsi banyak saat malam

Salah satu alasan mengapa tidak merasa lapar saat bangun tidur adalah karena makan malam atau camilan dalam jumlah besar pada malam sebelumnya. Apalagi, bila makanan tersebut tinggi lemak atau protein. Makronutrien tersebut dapat memperlambat pengosongan perut dan membuat merasa kenyang lebih lama, bahkan hingga keesokan paginya.

Protein juga dapat secara signifikan mengubah kadar hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan. Demikian pula makanan berlemak tinggi yang menimbulkan kadar hormon tertentu sehingga timbulkan perasaan kenyang.

Jika Anda tipe yang lebih suka menikmati makan malam besar dan tidak sarapan keesokan paginya, itu tidak masalah. Namun, pastikan mendapatkan nutrisi dan hidrasi yang Anda butuhkan sepanjang hari.

2. Perubahan hormon

Pada saat malam hari ketika tidur, kadar beberapa hormon dalam tubuh akan berfluktuasi. Tingkat hormon seperti adrenalin, ghrelin, dan leptin berfluktuasi pada malam dan pagi hari, oleh karena itu dapat membuat Anda merasa kurang lapar saat bangun tidur.

3. Cemas atau depresi

Kecemasan dan depresi dapat secara signifikan memengaruhi tingkat rasa lapar. Namun, kecemasan dan depresi mempengaruhi orang secara berbeda. Beberapa penelitian menemukan bahwa kondisi ini malah terkait dengan peningkatan nafsu makan dan asupan makanan bagi sebagian orang.

Jika Anda mengalami kecemasan atau depresi dan menduga bahwa hal itu mungkin memengaruhi nafsu makan, segera bicarakan dengan profesional kesehatan untuk menentukan perawatan terbaik.

4. Hamil

Morning sickness adalah masalah umum yang ditandai dengan mual dan muntah. Ini mempengaruhi sekitar 80 persen orang selama kehamilan. Dalam kebanyakan kasus, itu membaik atau menghilang setelah 14 pekan kehamilan.

Morning sickness dapat mengurangi nafsu makan. Faktanya, dalam satu penelitian terhadap 2.270 wanita hamil, sebanyak 34 persen melaporkan makan lebih sedikit selama awal kehamilan.

Selain mual di pagi hari, kehamilan dapat menyebabkan gejala pengurang rasa lapar lainnya seperti gangguan pencernaan, kembung, dan pengosongan lambung yang tertunda atau sulit buang air besar.

5. Anda sakit

Karena perubahan cuaca yang tidak menentu, tubuh akan rentan pada beberapa penyakit. Beberapa penyakit tersebut dapat mengurangi nafsu makan karena gejala seperti mual, muntah, dan kehilangan rasa.

6. Penyebab lain yang mendasari

Penuaan, ovulasi, masalah tiroid, kondisi kesehatan kronis, dan penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Jika Anda mencurigai penyebab yang mendasari kurangnya rasa lapar di pagi hari, bicarakan dengan profesional kesehatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sarapan perut lapar
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top