Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ketahui Segudang Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Daun kelor memiliki berbagai manfaat yang kaya akan antioksidan dan merupakan senyawa tanaman bioaktif. Daun ini juga menjadi sumber makanan penting di berbagai dunia, dikarenakan dapat ditanam dengan mudah dan daunnya memiliki banyak manfaat.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 14 Juni 2021  |  17:15 WIB
Daun Kelor.  - Tanihub
Daun Kelor. - Tanihub

Bisnis.com, JAKARTA - Daun moringa atauDaun kelor memiliki berbagai manfaat yang kaya akan antioksidan dan merupakan senyawa tanaman bioaktif. Daun ini juga menjadi sumber makanan penting di berbagai dunia, dikarenakan dapat ditanam dengan mudah dan daunnya memiliki banyak manfaat. daun kelor, adalah tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, daun kelor juga memiliki nutrisi yang cukup kaya.

Jika dirincikan, daun kelor memiliki kandungan serat empat kali lebih banyak dibandingkan oat, memiliki kandungan vitamin A dua kali lipat lebih banyak dibandingkan wortel, jumlah kalsium dan potasium empat belas kali lipat dibandingkan susu dan pisang.

Dari kandungan tersebut, dilansir dari webmd, berikut adalah manfaat dari daun kelor.

1.Diabetes

Beberapa penelitian awal menunjukan bahwa protein seperti insulin yang adad di dalam kandungan daun kelor, dapat membantu untuk menurunkan gula darah. Kandungan ini memiliki fungsi untuk membantu tubuh dalam memproses gula agar lebih baik, dam dapat membantu tubuh dalam melepas insulin

2.Kanker

Daun kelor juga memiliki manfaat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas, dan membantu dalam kemoterapi. Bukan hanya daun kelornya sajam namun akar dan kulit batang dari daun kelor juga memiliki efek anti-kanker.

3.Memori

Beberapa penelitian bahwa kandungan antioksidan di dalam daun kelor dapat meningkatkan kesehatan lainnya, menyembuhkan stress, dan peradangan di otak.

Selain dari ketiga manfaat tersebut, para peneliti juga mengatakan bahwa daun kelor berpotensi dalam menyembuhkan beberapa penyakit, yakni sebagai berikut.

4.Kolesterol

5.Radang sendi

6.Tekanan darah tinggi

7.Kerusakan hati yang disebabkan oleh obat-obatan

8.Sakit maag

9.Asma

10.Penyembuhan luka

11.Kolitis ulseratif

12.Diare

13.Anemia

14.Penurunan Berat Badan

Namun jika anda sedang hamil atau menyusui, maka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kelor atau obat yang memiliki kandungan kelor, atau berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan daun sirsak
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top