Ilustrasi makan-makan
Health

Lakukan Hal Ini Setelah Makan Berlebihan Ya

Ni Luh Anggela
Rabu, 16 Juni 2021 - 15:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernahkah Anda menjalani hari dengan perasaan bersalah, baik secara fisik maupun mental?
 
Setelah Anda membiarkan diri Anda untuk hadir dalam acara makan-makan dan menikmati beberapa makanan manis dan tinggi kalori, Anda pergi tidur dengan jantung yang berdebar kencang dan bangun dengan perasaan ‘mabuk’.
 
Tubuh memerlukan waktu untuk memulihkan dirinya kembali ke tingkat yang lebih sehat. Dr. Raymond Gardinier, DPT,  yang juga seorang pelatih untuk menurunkan berat badan, membagikan beberapa hal yang bisa Anda lakukan setelah makan berlebihan di laman Instagramnya @dr.raymondgardinier, Rabu (16/6/2021).  
 
1. Tidur

Tidur membantu Anda melawan keinginan untuk terus makan, baik secara fisik dan mental. Idealnya kita menghabiskan 7-9 jam untuk tidur. Tidur memengaruhi penurunan berat badan dan lemak.
 
2. Sarapan

Anda mungkin berpikir untuk melewatkan sarapan karena Anda sudah makan semalam. Namun, jangan salah. Makan sarapan yang lengkap dan sehat dapat mengembalikan rutinitas Anda dan mencegah makan berlebihan di kemudian hari.
 
3. Hidrasi

Tetap terhidrasi sangat penting untuk mencegah penambahan berat badan atau makan berlebih. Ini juga membantu Anda merasa kenyang, menjaga nafsu makan tetap terkendali serta dapat membantu meningkatkan metabolisme. Oleh karena itu, minum air dalam jumlah yang cukup agar tetap terhidrasi.
 
4. Makan dengan penuh perhatian

Kenali bagaimana perasaan Anda setelah makan berlebihan dan makan makanan sehat. Bagaimana Anda melakukannya dan bagaimana rasanya makan sehat. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk kembali ke rutinitas.
 
5. Memaafkan diri sendiri

Satu kali makan atau seharian mengonsumsi makanan berkalori seharusnya tidak merusak kemajuan Anda. Jika Anda terus merasa bersalah, itu dapat menyebabkan siklus rasa bersalah yang kental dan membuat Anda makan berlebihan.
 
6. Protein

Menambah asupan protein pada hari berikutnya dapat membantu Anda mengontrol rasa lapar dan membuat Anda merasa lebih kenyang sepanjang hari.
 
7. Latihan

Pertama dan terpenting, mulailah bergerak. Berjalan-jalanlah untuk membantu menurunkan lemak di perut. Ini akan membantu hormon kembali ke tingkat normal dan meningkatkan mood Anda.
 
8. Mulai Sekarang

Lepaskan rasa bersalah dan mulailah dari yang kecil. Apakah ini akan menjadi ‘suatu hari’ atau hari pertama untukmu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro