Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Sejarah Hari Ayah Sedunia, Sudah Tahu Belum?

Dilansir dari Livescience, hari Ayah pertama kali dirayakan di Amerika Serikat ketika ratusan orang tewas dalam kecelakaan pertambangan pada tanggal 5 Juli 1908, di West Virginia, Amerika Serikat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Juni 2021  |  16:18 WIB
Ini Sejarah Hari Ayah Sedunia, Sudah Tahu Belum?
Ayah dan anak - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, 20 Juni 2021 diperingati sebagai hari ayah sedunia. Hari ayah sedunia, umumnya diperingati pada pekan ketiga bulan Juni setiap tahunnya.

Lantas tahukah Anda darimana sebenarnya hari ayah berasal dan kapan dimulai?

Dilansir dari Livescience, hari Ayah pertama kali dirayakan di Amerika Serikat ketika ratusan orang tewas dalam kecelakaan pertambangan pada tanggal 5 Juli 1908, di West Virginia, Amerika Serikat. Putri seorang pendeta yang berdedikasi, Grace Golden, mengusulkan kebaktian hari Minggu untuk semua pria yang kehilangan nyawa dalam kecelakaan itu.

Beberapa tahun kemudian, Sonora Smart Dodd mengusulkan ide untuk merayakan Hari Ayah untuk menghormati ayahnya, William Jackson Smart. Ayah Dodd, yang adalah seorang veteran perang saudara, membesarkan dia dan lima saudara kandungnya sebagai orang tua tunggal. Dia mulai mempromosikan Hari Ayah di tingkat nasional setelah dia menyelesaikan pendidikannya.

Hari Ayah mulai mendapatkan popularitas di AS ketika Presiden Richard Nixon menandatangani deklarasi pada tahun 1972. Dan sejak itu, Hari Ayah dirayakan setiap tahun pada hari Minggu ketiga bulan Juni.
iklan

Hari Ayah dirayakan pada tanggal yang berbeda di berbagai negara. Di Amerika Serikat, itu dirayakan pada hari Minggu ketiga di bulan Juni, dan telah menjadi penting di India dalam beberapa tahun terakhir. Di sebagian besar negara, itu dirayakan pada hari Minggu ketiga di bulan Juni.

Negara-negara seperti Portugal, Spanyol, Kroasia, dan Italia merayakan Hari Ayah pada 19 Maret. Taiwan memperingatinya pada 8 Agustus dan Thailand, merayakannya pada 5 Desember -- hari ulang tahun mantan Raja Bhumibol Adulyadej. Australia, Selandia Baru, Fiji, dan Papua Nugini merayakan hari istimewa ini di bulan September. Di Indonesia, hari ayah diperingati pada 12 November.

Makna Hari Ayah:

“Siapa pun bisa menjadi ayah, tetapi dibutuhkan seseorang yang spesial untuk menjadi ayah,” kata Wade Boggs. Kutipan itu menyoroti semua ayah yang berjuang keras untuk membesarkan dan menghidupi anak-anak mereka.

Hari Ayah dirayakan untuk mengakui peran unik ayah atau figur ayah dalam kehidupan kita. Dari mendukung anak-anak mereka secara finansial, mental, emosional dan fisik, peran penting ayah dalam kehidupan setiap orang sangat berharga.
iklan

Hari ini diperingati untuk mengakui dan menghargai peran ayah yang memainkan peran yang sangat penting dalam keluarga kita, dan dalam masyarakat pada umumnya. Anak-anak menantikan hari ini dan membuat ayah mereka merasa istimewa dengan gerakan mereka.

Anak-anak merayakan Hari Ayah untuk membuat ayah mereka merasa istimewa dan menghujani mereka dengan hadiah, kartu, dan terkadang, makan malam spesial. Sebagian besar dari mereka juga menghabiskan waktu bersama ayah mereka dan memanggil mereka serta mengucapkan salam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

parenting Hari Ayah Nasional
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top