Makanan beku
Health

Waspada! Ini 6 Efek Samping Tak Terduga dari Frozen Food

Yuliana Hema
Senin, 21 Juni 2021 - 14:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kini sangat mudah menemukan frozen food atau makanan beku. Selain murah, makanan beku praktis dan bisa bertahan lama. 

Meski terbilang mudah untuk dimasak dan dikonsumsi, mengonsumsi makanan beku secara berlebihan dapat membawa dampak buruk untuk tubuh. 

Ngerangkum dari berbagai sumber, berikut 6 efek samping berbahaya dari mengonsumsi makanan beku. 

1. Diabetes

Salah satu bahan penyusun makanan beku agar tetap segar adalah pati. Pati ini juga menambah rasa dan tekstur pada makanan. Namun, pati pada dasarnya adalah polimer (rantai glukosa) glukosa.

Jika Anda memiliki kecenderungan terkena diabetes atau penyakit ini diturunkan dalam keluarga, sebaik mungkin menghindari godaan untuk mengonsumsi makanan beku.

2. Penyakit Jantung 

Makanan beku kaya akan lemak trans, yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan juga berkontribusi pada penyumbatan arteri. 

Lemak trans meningkatkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan juga menurunkan kadar kolesterol HDL, yang bertanggung jawab untuk meningkatkan risiko penyakit jantung. 

3. Meningkatkan Tekanan Darah

Menurut CDC, lebih dari 70% natrium yang kita konsumsi berasal dari makanan olahan dan siap saji seperti makanan beku. Makan terlalu banyak natrium dapat meningkatkan tekanan darah Anda, membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena stroke. 

4. Menghancurkan Otot

Kebanyakan makanan beku memiliki kalori yang rendah bahkan bisa jauh dibawah jumlah kalori per makanan yang direkomendasikan oleh ahli gizi. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup energi dari makanan berarti Anda menyakiti tubuh Anda. 

“Tubuh akan mulai mengorbankan otot, karena otot lebih 'mahal' untuk dipertahankan secara metabolik,” ahli diet Kimberly Gomer dikutip dari U.S. News & World Report, Senin (21/6/2021). 

5. Menyebabkan sakit kepala dan pembengkakan tenggorokan 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aditif yang ditimbulkan oleh makanan beku berpotensi membuat Anda sakit kepala, membuat uvula Anda membengkak, dan menyebabkan Anda berkeringat di seluruh tubuh

6. Kanker 

Ini adalah potensi bahaya lain dari mengonsumsi makanan beku. Sebuah studi menyimpulkan bahwa makan makanan beku, daging, khususnya, dapat menyebabkan kanker pankreas.

Sebuah penelitian yang dilakukan menentukan bahwa hot dog dan sosis beku meningkatkan risiko terkena kanker lebih dari 65%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yuliana Hema
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro