Ibu hamil/Ilustrasi
Health

POGI: Vaksin Covid yang Ada Tidak Membahayakan Kehamilan

Newswire
Jumat, 2 Juli 2021 - 16:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para bumil atau ibu hamil tidak perlu takut vaksinasi Covid-19 akan berdampak pada janin.

Kepastian itu disampaikan Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia, POGI. Menurut POGI vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini aman untuk ibu hamil.

"Vaksin yang ada tidak mengandung zat-zat berbahaya bagi kehamilan terutama pada vaksin yang mengandung non live virus, itu sangat aman," ujar Sekjen POGI Budi Wiweko dalam konferensi pers via daring di Jakarta, Jumat (2/7/2021).

Dia menyampaikan berdasarkan studi, vaksin non live virus seperti vaksin influenza atau vaksin DPT (difteri, pertusis, dan tetanus) cukup aman diberikan kepada ibu hamil.

"Selama ini ibu hamil mendapatkan vaksin non live virus seperti influenza itu tidak ada keluhan KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi)," katanya.

Budi memaparkan berdasarkan studi terbaru "Preliminary Findings of mRNA COVID-19 Vaccine Safety in Pregnant Persons" antara Desember 2020 sampai Februari 2021 di Amerika Serikat, ibu hamil yang mendapatkan vaksin Covid tidak mengalami gejala KIPI berarti.

Dalam studi itu, lanjut dia, sekitar 35.000 ibu hamil berusia 16 - 54 tahun di AS mendapatkan vaksin Pfizer dan Moderna.

"Gejala KIPI yang paling banyak adalah nyeri pada lokasi injeksi baik yang mendapatkan vaksin Pfizer maupun Moderna. Injeksi di dosis kedua, keluhan nyeri berkurang jauh dibandingkan dosis pertama," katanya.

Dia menambahkan sekitar 70 persen, baik kelompok ibu hamil dengan vaksin Pfizer maupun Moderna, penyuntikan dilakukan kepada ibu hamil yang usia kandungannya di atas tiga bulan, dan 28 persen dilakukan kurang dari tiga bulan.

Menurut Budi persentase kematian janin di bawah usia lima bulan hanya 0,1 persen, masih setara dengan literatur yang ada sehingga dinilai tidak ada hal berbahaya yang terjadi pada ibu maupun janin yang dikandung.

"Hanya memang ini adalah data follow up registrasi. Vaksinasi untuk ibu hamil memang datanya masih belum banyak tetapi inilah dasar pemberian vaksin kepada ibu hamil," katanya.

Dalam kesempatan itu, Budi juga meminta  perempuan agar tidak menunda kehamilan walaupun belum mendapatkan vaksin, karena berdasarkan fakta vaksin Covid-19 aman digunakan.

"Keunggulan vaksin tentu ibu hamil terhindar dari risiko morbiditas, prematuritas, kematian bayi, itu juga diharapkan bermanfaat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro