Ilustrasi nyeri leher
Health

Sering Sakit Leher? Begini Cara Meredakannya

Ni Luh Anggela
Selasa, 13 Juli 2021 - 15:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nyeri pada bagian leher sangat umum terjadi di antara orang dewasa. Postur statis dan pekerjaan yang melelahkan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan nyeri bahu dan leher, terutama di antara individu yang pekerjaannya menuntut jenis postur tertentu.

Postur tidur yang buruk, tegang atau stress, bersandar berjam-jam juga menjadi salah satu penyebab nyeri pada leher Anda.
 
Ada sejumlah perawatan dan pengobatan yang tersedia untuk sakit leher. Melansir Stylecraze, Selasa (13/7/2021), berikut cara meredakan sakit leher yang bisa Anda coba di rumah.
 
1. Olahraga

Olahraga dapat membantu meredakan nyeri leher dan membuat leher Anda fleksibel dan kuat, serta mengurangi leher yang kaku. Anda dapat melakukan serangkaian latihan sederhana agar meredakan nyeri leher:
·  Menganggukkan kepala Anda ke depan dan ke belakang untuk beberapa waktu, dan kemudian secara bertahap mulai mengangguk dari satu sisi ke sisi lain.
·  Setelah otot-otot Anda merasa kurang tegang, perlahan-lahan putar kepala Anda sepenuhnya ke arah kiri dan kemudian sepenuhnya ke arah kanan Anda. Ini mungkin sedikit menyakitkan, jadi lakukan dengan perlahan.
·  Lakukan setidaknya 20 kali pengulangan.
·  Lakukan latihan ini setiap beberapa jam dan rasa kaku di leher Anda akan hilang.
 
2. Yoga

Stres dapat menyebabkan ketegangan otot. Mengikuti teknik relaksasi tradisional  seperti yoga, dapat membantu tubuh Anda rileks dan meredakan ketegangan di sekitar leher dan bahu Anda. Berikut beberapa pose yoga yang dikenal untuk meredakan nyeri leher:
· Bharadvajasana – juga disebut Pose Memutar. Ini dapat meredakan ketegangan di leher dan otot bahu serta mengurangi rasa sakit.
· Marjariasana – juga dikenal sebagai Pose Kucing. Ini dapat membantu meregangkan tulang belakang dan otot punggung untuk meredakan nyeri leher.
· Uttana Shishosana – Pose ini akan memperpanjang tulang belakang Anda dan juga meningkatkan aliran darah ke leher dan kepala.
· Balasana – Ini juga disebut Pose Anak. Ini adalah asana sederhana untuk meregangkan leher dan punggung dengan lembut. Gunakan asana ini sebagai pose istirahat di antara pose lainnya.
· Savasana – Pose relaksasi ini dapat menenangkan pikiran dan tubuh serta menghilangkan stres.
 
3. Minyak atsiri

Yang Anda perlukan:
- Beberapa tetes minyak peppermint
- Beberapa tetes minyak lavender
- Beberapa tetes minyak basil
- 1 sendok teh minyak zaitun
 
Campurkan beberapa tetes campuran ini dengan minyak zaitun hangat. Pijat minyak ini di leher selama beberapa menit. Anda juga dapat menggunakan minyak ini secara individual atau kombinasi minyak apa pun. Terapkan ini dua kali sehari untuk mengurangi rasa nyeri di leher.
 
4. Akupuntur

Akupunktur adalah metode di mana jarum kecil dimasukkan ke titik-titik tertentu dan strategis pada kulit. Telah banyak digunakan untuk mengobati segala jenis rasa sakit, dan penelitian merekomendasikan akupunktur sebagai alternatif pengobatan tradisional untuk menghilangkan nyeri leher jangka pendek.
 
5. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat rumah yang sangat baik untuk sakit leher dan kekakuan. Antioksidan dan agen anti-inflamasi hadir dalam cuka sari apel dapat meredakan stres pada otot leher dan mengurangi nyeri.
 
Yang Anda perlukan: cuka sari apel dan serbet kertas atau tisu.
 
Rendam serbet dalam cuka dan letakkan di leher Anda. Biarkan selama satu jam atau lebih. Ulangi ini dua kali sehari sampai rasa sakit leher Anda mereda.
 
6. Terapi pijat

Pijat dapat menyembuhkan rasa sakit di tubuh dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Pijat lembut atau gosok area yang sakit untuk merangsang aliran darah dan meredakan ketegangan pada otot.
 
Yang harus Anda lakukan: Mandi air panas dan keringkan kulit Anda. Panaskan sedikit satu sendok makan minyak (zaitun, mustard, atau kelapa) dan pijat leher Anda dengannya. Pijat lembut dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Ulangi ini setiap pagi. Anda juga dapat memijat leher Anda sekali lagi di siang hari.
 
7. Ice pack

Es membantu mengurangi peradangan pada otot Anda setelah aktivitas berat. Menerapkan kompres es meningkatkan vasodilatasi subkutan, yang memungkinkan aliran darah yang didinginkan kembali ke otot yang sakit di leher.
 
Yang Anda perlukan:
- Es batu
- Handuk kecil dan tebal
- Atau, Anda bisa menggunakan kompres es
 
Tempatkan es batu di dalam handuk dan letakkan di leher. Atau, Anda dapat mendinginkan kompres es dan meletakkannya di leher. Biarkan selama beberapa menit.
 
8. Suplemen vitamin

Pastikan Anda memiliki diet seimbang yang menyediakan semua nutrisi penting. Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter pribadi Anda untuk suplemen vitamin yang diresepkan.
 
9. Garam Epsom

Garam Epsom, juga dikenal sebagai magnesium sulfat, yang dikenal memiliki sifat analgesik. Ini bisa membantu menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan gangguan leher.
 
Yang Anda perlukan:
- 1-2 cangkir garam Epsom
- Air hangat
- Sebuah bak mandi
 
Isi tiga perempat bak mandi dengan air hangat dan tambahkan garam Epsom ke dalamnya.
Campurkan garam ke dalam air dan rendam selama 10 hingga 15 menit.
 
10. Neck collar

Neck collar menopang leher dalam menahan beban kepala saat sembuh dari rasa sakit. Dalam kasus cedera, kerah juga akan menjaga tulang di leher Anda tetap sejajar saat mereka sembuh.
 
Bungkus kerah di leher Anda dan pertahankan sampai rasa sakitnya mereda. Secara berkala, lepaskan kerah dan regangkan otot leher dan bahu Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro