Pengunjung menikmati suasana di kawasan M Bloc Space, Blok M, Jakarta, Sabtu (19/12/2020).  ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Health

Varian Delta Menggila, Ini 7 Aktivitas yang Dilakukan dan Dihindari

Meuthia Novianthree Nafasya
Jumat, 16 Juli 2021 - 19:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Naiknya kasus harian positif Covid-19 di Indonesia akibat varian Delta menjadi sorotan dunia. Simak 7 hal yang bisa Anda lakukan atau hindati dalam situasi saat ini.

Selain itu, kebijakan PPKM Darurat membuat aktivitas masyarakat menjadi sangat terbatas. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat kasus kematian akibat Covid-19 bertambah sebanyak 1.205 pada hari ini. Alhasil, total kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 71.397 orang.

Lantas, aktivitas seperti apa yang harus dilakukan dan dihindari ketika terjadi lonjakan kasus harian Covid-19 akibat varian Delta? Simak 7 aktivitas yang sebaiknya Anda lakukan dan hindari setelah mendapat vaksinasi seperti dikutip dari Times of India:

1. Aktivitas yang Aman
Mendapatkan vaksinasi merupakan kunci yang mungkin akan membantu seseorang kembali normal seperti melanjutkan pekerjaan, bertemu banyak orang, atau hanya pergi keluar rumah. Ada begitu banyak manfaat yang menunggu ketika melakukan vaksinasi sekarang.

Varian Delta masih menjadi ancaman bagi beberapa negara, termasuk Indonesia. Dengan demikian, meskipun vaksinasi adalah alat pertahanan yang baik, menjaga protokol Kesehatan tetap menjadi sesuatu yang wajib dilakukan.

2. Kapan Waktu yang Aman?
Untuk saat ini, aktivitas dalam bentuk apa pun akan dianggap berisiko. Setidaknya, Anda harus telah mendapatkan vaksinasi dua dosis.

Dosis pertama hanya dapat menawarkan beberapa tingkat perlindungan. Setelah dosis kedua, seseorang akan dianggap memiliki kekebalan penuh terhadap virus Covid-19.

3. Bertemu Orang
Para ahli menyarankan bahwa aman bagi orang yang divaksinasi untuk melakukan aktivitas dan melanjutkan pekerjaan yang pernah dilakukan sebelum pandemi.

Namun, tetap akan menjadi sulit untuk mengetahui apakah orang-orang disekitar telah melakukan vaksinasi atau belum. Akan lebih baik apabila tetap menggunakan masker dan mengikuti protokol Kesehatan. Untuk pencegahan lainnya, lakukan pertemuan di tempat yang memiliki ventilasi baik dan jumlah orang yang sedikit.

4. Pergi ke Taman atau Tempat Outdoor
Menurut seorang dokter, melakukan aktivitas fisik di taman dan tempat lainnya dapat memberdayakan sistem kekebalan seseorang.
Aktivitas di ruangan terbuka juga akan sangat baik bagi Kesehatan mental yang telah berdiam diri di dalam rumah. Memakai masker, dihadiri oleh sedikit orang, dan menjaga jarak menjadi poin yang tetap harus diperhatikan.

5. Pertemuan dalam Ruangan
Meskipun ada beberapa pemikiran dan risiko yang memerlukan prokes yang ketat, namun melakukan pertemuan di dalam ruang lebih aman daripada lainnya. Seseorang tetap aman dari penularan Covid-19 jika menaati protokol kesehatan.

6. Prokes Ketat
Di beberapa negara, tempat wisata atau tempat terbuka lainnya mulai mengalami peningkatan. Dengan bepergian, risiko penyebaran dapat menjadi masalah besar tetapi akan tetap aman setidaknya mengurangi risiko apabila telah mendapatkan vaksinasi. Cobalah memilih tempat yang memiliki risiko penularan rendah dan tidak terlalu ramai.

Beberapa negara mewajibkan menyertai keterangan vaksinasi Covid-19 apabila ingin pergi ke tempatnya. Selain itu, karantina selama beberapa hari sebelum dan sesudah perjalanan akan sangat bermanfaat.

7. Apa yang Harus Terus Dilakukan?
Seperti yang telah disebutkan di atas, tetap menjaga segala pengaturan yang ada menjadi hal utama seperti memakai masker, menjaga jarak, dan protokol Kesehatan lainnya.

Meskipun vaksinasi mampu meminimalkan banyak risiko penyebaran, mengurangi tingkat keparahan dan kematian, akan masih mungkin seseorang tetap tertular.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro