Minum air putih bermanfaat untuk kesehatan tubuh./Istimewa
Health

Tips Agar Tidak Mudah Lelah dan Pegal Sehabis Bekerja, Termasuk Saat WFH

Ni Luh Anggela
Selasa, 27 Juli 2021 - 16:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pegal, letih, lemah dan keinginan untuk segera ‘rebahan’ selalu menghampiri Anda, entah ketika Anda sedang bekerja ataupun sehabis bekerja.

Reaksi dari tubuh Anda sebenarnya merupakan salah satu sinyal bahwa tubuh Anda membutuhkan istirahat dan ini merupakan hal yang wajar.
 
Namun, Anda dapat meminimalkan rasa pegal dan letih tersebut. Dokter spesialis tulang, dr Asa Ibrahim, melalui laman Instagramnya, selasa (27/7/2021), membagikan beberapa kiat agar Anda tidak mudah letih dan pegal sehabis bekerja.
 
1. Cukup nutrisi

Manusia membutuhkan banyak tenaga untuk menunjang aktivitas dan kerja seharian. Jika asupannya kurang atau tidak sesuai, ini dapat membuat Anda lemas saat bekerja dan bila dipaksakan pada akhirnya akan membuat Anda lemas, pegal, letih dan malas untuk melakukan hal-hal lain selepas bekerja.
 
Karena itu, dr Asa mengatakan penting untuk selalu mengawali hari dengan sarapan.
 
“Jangan telat makan, porsi makan secukupnya dan bias makan selingan snack,” tulis dr Asa.
 
Asupan nutrisi juga harus seimbang seperti, karbohidrat (nasi, kentang, roti), protein (lauk, daging, telur) serta sayur dan buah.
 
2. Cukup minum

Selalu sempatkan diri untuk minum ketika bekerja meskipun  Anda tidak merasa haus. Dengan asupan air yang cukup, fungsi tubuh akan berjalan optimal. Sistem sirkulasi darah, organ-organ tubuh (termasuk otot dan sendi) dapat bekerja optimal sehingga konsentrasi Anda terjaga, pikiran lancar, serta koordinasi antara otot dan sendi juga baik.
 
3. Posisi ideal saat bekerja

Poin ini sangat penting untuk diperhatikan. Letih, pegal, terutama sakit pada tulang belakang, bahu dan tangan paling sering berkaitan dengan posisi kerja yang kurang baik apalagi bagi Anda yang seharian harus berkegiatan duduk di depan komputer.
 
Lalu bagaimana posisi yang ideal saat bekerja? Menurut dr Asa, posisi yang ideal saat bekerja adalah jarak antara Anda dan komputer 45 hingga 60 cm, duduk tegak dengan punggug lurus dan bahu ke belakang dan kaki menyentuh lantai. Selain itu, berdiri setiap 15 menit dan stretching atau jalan selama 1 hingga 2 menit.
 
Perhatikan juga posisi dan postur saat Anda mengangkat barang untuk mencegah nyeri punggung dan sendi.
 
“Kalau salah posisi (biasanya langsung dari berdiri) bisa mengakibatkan kurva punggung terlalu melengkung dan memberikan tekanan pada ligament dan otot sekitar tulang belakang, dan akhirnya dapat terjadi cedera otot dan ligament pada area punggung bawah atau bahkan herniasi diskus,” jelasnya.
 
4. Olahraga

Lutut atau punggung Anda gampang sakit? Atau badan dan otot Anda mudah letih? Solusinya adalah perkuat badan Anda. Mulai dari olahraga santai seperti jogging, bersepeda atau berenang tiga kali seminggu selama 30 menit. Jangan lupa untuk melakukan stretching sendi dan melakukan latihan penguatan otot yang sering letih.
 
Tubuh dan otot yang kuat serta sendi yang lentur akan memungkinkan Anda untuk bekerja lebih baik lagi. Jadi selalu sempatkan untuk berolahraga. Tidak harus di gym, Anda bisa melakukannya dimana saja.
 
5.  Istirahat

Tubuh Anda bukanlah tubuh Superman yang tidak kenal lelah. Meskipun Anda sudah melakukan semua kiat yang sudah dijelaskan sebelumnya, istirahat adalah yang terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro