WhatsApp View Once
Fashion

Cara Pakai Fitur ‘View Once’ di WhatsApp, Hindari Cepu Screen Shoot Foto Anda

Ni Luh Anggela
Kamis, 5 Agustus 2021 - 09:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Aplikasi gratis yang menyediakan layanan bertukar pesan dan panggilan, WhatsApp, meluncurkan fitur ‘View Once’ pada Selasa (3/8) yang dapat menghapus foto atau video dari obrolan Anda setelah dibuka oleh penerima.

Saat mengirim foto atau video, Anda dapat membuatnya 'lihat sekali' dengan mengetuk tombol "1" di sebelah kiri tombol kirim. Setelah penerima membukanya, itu akan dihapus.

Dalam sebuah posting blog, WhatsApp mengatakan fitur media 'Lihat yang' ini dapat digunakan untuk berbagi gambar seperti mencoba pakaian baru di toko, reaksi cepat terhadap momen tertentu, atau sesuatu yang sensitif seperti kata sandi Wi-Fi.

Melansir The Verge, Rabu (4/8/2021), penerima akan dapat melihat bahwa  itu adalah foto atau video yang menghilang, jadi dapat Anda gunakan untuk orang yang tidak Anda percaya, untuk tidak mengambil tangkapan layar. 

Tapi, Anda tidak akan diberi tahu jika seseorang mengambil tangkapan layar atau merekam layar," kata WhatsApp.

Berikut lengkapnya soal fitur View Once WhatsApp:

1. Media tidak akan disimpan ke Foto atau Galeri penerima.
2. Setelah Anda mengirim tampilan sekali foto atau video, Anda tidak akan dapat melihatnya lagi.
3. Seseorang tidak dapat meneruskan, menyimpan, membintangi, atau membagikan foto atau video yang dikirim atau diterima dengan tampilan setelah media diaktifkan.
4. Seseorang hanya dapat melihat apakah penerima telah membuka tampilan setelah foto atau video jika mereka telah membaca tanda terima diaktifkan.
5. Jika Anda tidak membuka foto atau video dalam 14 hari setelah dikirim, media akan kedaluwarsa dari obrolan.
6. Seseorang harus memilih tampilan sekali media setiap kali Anda ingin mengirim tampilan sekali foto atau video.
7. Lihat sekali media dapat dipulihkan dari pencadangan jika pesan belum dibuka pada saat pencadangan. Jika foto atau video sudah dibuka, media tidak akan disertakan dalam cadangan dan tidak dapat dipulihkan.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook dan pemilik WhatsApp, mengonfirmasi bahwa fitur tersebut akan hadir, meskipun rincian tentang kapan akan dirilis masih belum diumumkan. Menurut WaBetaInfo, fitur tersebut telah dalam versi beta selama sekitar satu bulan.
 
Sebagai contoh bagaimana fitur tersebut dapat digunakan, WhatsApp menggunakan contoh pengiriman foto informasi sensitif, seperti kata sandi Wi-Fi. Tentu saja, mungkin ada kegunaan lain yang kurang bermanfaat untuk fitur semacam ini. Tetapi bagaimanapun juga, ada baiknya memiliki opsi antara pesan yang menghilang dari aplikasi, yang saat ini hanya hilang setelah seminggu, dan catatan permanen obrolan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro