Ilustrasi/Talkfeed.co.za
Health

AIMI: Obat Terapi Covid-19 Aman untuk Ibu Menyusui

Mutiara Nabila
Jumat, 6 Agustus 2021 - 16:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia mengatakan bahwa obat untuk terapi Covid-19 tetap aman diberikan kepada ibu yang menyusui.

"Jadi sebagai ibu menyusui selalu sampaikan kepada dan sakit apapun, selalu sampaikan kepada dokter yang merawat bahwa kita adalah ibu menyusui sehingga memang diberikan obat-obat yang aman menyusui," ujar Wakil Ketua Umum AIMI, Farahdiba Tenrilemba, saat siaran langsung dengan Bisnis.com, Jumat (6/8/2021). 

Dia juga menjelaskan, bahwa sebagian besar obat terapi Covid-19 aman untuk ibu menyusui. Namun, ibu tetap harus menyampaikannya kondisinya kepada dokter.

"Beritahu dokter bahwa saya ibu menyusui atau memberikan ASI perah, dan lain sebagainya sehingga si dokter mempunyai riwayat bahwa kita sedang menyusui. Jadi sebetulnya aman," imbuhnya.

Sebelumnya, juga dijelaskan bahwa belum ada bukti ASI bisa menjadi sumber penularan Covid-19 dari ibu ke anak, jika protokol kesehatan diterapkan dengan disiplin dan tetap menjaga kebersihan.

"Sampai sekarang tidak terbukti bahwa ibu yang positif Covid-19 ASInya juga mengandung virus SARS-CoV-2," jelasnya.

Malah menurut riset-riset yang dilakukan di tahun 2020 dan tahun 2021 mengatakan bahwa malah jika ibu menyusui yang positif Covid-19 dia akan terciptalah antibodi SARS-CoV-2 ini dan itu bisa dialirkan lewat ASI kepada bayinya, sehingga bayi menjadi terlindungi dari terinfeksi.

View this post on Instagram

A post shared by Bisnis.com (@bisniscom)

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Hafiyyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro