Ilustrasi orang sedang duduk
Health

Terlalu Banyak Duduk Selama Pandemi, Lakukan Olahraga Ini. Cukup 10 Menit

Jessica Gabriela Soehandoko
Jumat, 6 Agustus 2021 - 20:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama Pandemi dan bekerja di rumah, kita cenderung lebih banyak menghabiskan waktu dengan bekerja di depan laptop dan duduk dalam waktu yang cukup lama.

Padahal pada masa kini, disarankan untuk melakukan aktivitas setidaknya 150 menit dalam seminggu. Hal ini tentu cukup sulit jika Anda bekerja dari rumah akibat adanya pandemi, dan menyebabkan olahraga yang tidak terstruktur. Anda juga mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di sofa sambil menonton TV atau bermain smartphone setelah selesai bekerja.

Studi dari University of Salford menemukan bahwa duduk dengan waktu yang lama dan aktivitas fisik, terkait dengan penurunan mobilitas pinggul. Hal ini mungkin terjadi dikarenakan adaptasi fisiologis dalam kekakuan otot pasif. Dengan kata lain, semakin lama Anda duduk, Anda akan semakin sedikit menggunakan kaki Anda dan membuat otot Anda menjadi lebih kaku.

Vicki Anstey dari Barreworks, yang membuat latihan sederhana untuk Fit&Well untuk meningkatkan paha belakang Anda, betis, bokong dan fleksor pinggul Anda. Olahraga Ini juga melatih otot-otot kecil yang menstabilkan di inti dan punggung bawah Anda.

Jika Anda telah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk duduk selama pandemi, Anda dapat melakukan latihan singkat selama 10 menit untuk menyegarkan tubuh bagian Anda. Olahraga ini dapat dilakukan oleh semua orang karena cukup sederhana, yakni sebagai berikut.

1. Plie squat. Yakni squat biasa dengan kaki yang menghadap keluar selama 2 menit
2. Lunges to plie squats. Lunge seperti biasa, lalu putar kaki belakang ke arah lain selama 2 menit
3. Dalam posisi lunge, angkat tumit dan denyut nadi Anda selama 1 menit

Lakukan latihan yang sama pada sisi yang lain.

Olahraga lunges dan squat adalah latihan multi-sendi yang disebut gerakan majemuk yang melatih beberapa kelompok otot yang berbeda.

Latihan ini sangat efisien terutama dalam mengencangkan banyak otot yang berbeda secara bersamaan. Anda dapat melakukan di pagi hari sebelum Anda mandi, atau ketika Anda merasa kaku karena seharian bekerja.

Jika Anda masih merasa sulit untuk menyeimbangkan diri, Anda dapat menggunakan bantuan penyeimbang seperti kursi. Pastikan gerakan Anda juga dilakukan dengan benar, sehingga mendapatkan hasil yang lebih efisien dan menghindari cedera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro