Anak bermain bersama orangtua selama pandemi virus corona (Covid-19)
Health

Hai Parents, Ini Cara Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Rika Anggraeni
Jumat, 6 Agustus 2021 - 18:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menjaga, mengasuh dan memastikan anak-anak mendapatkan yang terbaik dari segalanya dapat membuat Anda mengabaikan kebutuhan dan kebutuhan Anda sendiri sebagai orang tua.

Untuk orang tua baru, yang sering mengabaikan kondisi mental mereka sendiri dan mencoba untuk melebih-lebihkan segalanya, perawatan diri sangat penting, terutama di masa-masa pandemi ini.

Tentunya, beberapa bulan dan bahkan tahun pertama bisa sangat melelahkan dan memakan waktu, tetapi ada banyak hal yang dapat membantu Anda mendapatkan waktu sendiri.

Melansir dari Times of India, Jumat (6/8/2021), berikut beberapa cara agar Anda dapat meluangkan waktu untuk diri sendiri.

1. Rencanakan hari secara efisien

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah perencanaan, yakni perencanaan sebelum dan sesudah melahirkan. Baik itu untuk menetapkan tujuan untuk masa depan anak Anda atau hanya menjadwalkan rencana sehari, setiap orang tua harus merencanakan terlebih dahulu.

Namun, ketika Anda ingin meluangkan waktu untuk diri sendiri, merencanakan hari Anda sebelumnya adalah kunci. Dengan melakukan itu, Anda tidak hanya memiliki rencana yang jelas tentang kapan dan bagaimana membuat anak Anda tetap terlibat, tetapi juga mengetahui slot waktu yang dapat Anda punya untuk diri sendiri. Oleh karena itu, perencanaan sangat penting.

2. Berbagi tanggung jawab

Mengasuh anak bukanlah tugas satu orang tua saja. Jika Anda memiliki pasangan, Anda harus berbagi tanggung jawab Anda. Mengasuh anak dapat berdampak buruk dan di saat salah satu dari Anda merasa kewalahan atau kelelahan secara fisik, meminta bantuan dari pasangan memberi Anda kesempatan untuk menyegarkan dan mengisi ulang energi Anda.

3. Libatkan anak dengan kegiatan yang menarik

Buat anak-anak Anda tetap terhibur. Baik itu melalui buku audio atau dengan bantuan film atau bahkan sesi melukis, Anda harus menemukan aktivitas yang membuat mereka tetap terlibat dan terpesona. Selama mereka sibuk melakukan apa yang mereka sukai, Anda dapat melakukan hobi Anda dan melakukan apa yang Anda suka.

4. Jadwalkan waktu tidur anak lebih awal dari biasanya

Satu hal yang bisa menjanjikan Anda waktu sendirian adalah membuat anak Anda tidur lebih awal. Semakin awal mereka tidur, semakin banyak Anda bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri.

5. Bangunlah sebelum orang lain

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah bangun sebelum orang lain bangun. Sementara semua orang tidur atau mendengkur, Anda bisa pergi keluar seperti melakukan yoga, membaca, memanjakan diri Anda dengan secangkir kopi atau apa pun yang menarik minat Anda.

6. Sewa pengasuh

Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan profesional. Jika Anda pikir Anda mampu dan dapat memastikan keselamatan anak Anda, maka mintalah bantuan. Selama waktu ini, ketika anak Anda diawasi oleh pengasuh tepercaya, Anda dapat menikmati serangkaian kegiatan berbeda yang telah Anda tunda untuk waktu yang lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro