Bazaar Indonesia dan Pameran Foto di Bratislava
Travel

Bazaar Indonesia dan Pameran Foto di Bratislava Dihadiri 300 Pengunjung

Ni Luh Anggela
Senin, 9 Agustus 2021 - 17:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bratislava telah menyelenggarakan kegiatan Bazaar Indonesia dan pameran foto “Magnificent Indonesia” di kantor KBRI pada Sabtu (7/8/2021) dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 pada 17 Agustus mendatang. Dalam kesempatan ini, KBRI berkolaborasi dengan komunitas fotografi Magnific Indonesia.
 
Rangkaian acara diawali dengan pembukaan Bazaar Indonesia, yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di halaman KBRI Bratislava. Bazaar Indonesia yang meriah ini terselenggara atas peran dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia serta Friends of Indonesia di Slowakia.
 
Dalam sambutannya, melansir laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Senin (9/8/2021), Duta Besar RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan Indonesia kepada masyarakat Slowakia karena dampak Covid-19 yang telah mengakibatkan pembatasan untuk melakukan kunjungan wisata ke Indonesia.  Acara ini juga bertujuan untuk saling menghibur setelah mengalami semi lockdown selama 8 bulan lebih di Slowakia.
 
Pada kesempatan itu, Dubes juga mengajak para hadirin untuk ikut mendoakan agar Indonesia dapat segera mengatasi pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi. Dubes juga mengundang Pastor Hans Ton, asal Flores yang telah bertugas di Slowakia sejak tahun 2014, untuk memimpin doa bersama untuk pemulihan dari Covid-19 di Indonesia, Slowakia, dan seluruh dunia.
 
Bazaar Indonesia, yang dilakukan oleh KBRI Bratislava bersama kurang lebih 80 masyarakat Indonesia di Slowakia, serta dukungan dari Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest, telah berhasil mempromosikan keragaman budaya Indonesia seperti tarian dari berbagai daerah, lagu-lagu Indonesia, pencak silat, serta promosi dan penjualan berbagai produk unggulan seperti kopi, air kelapa, bahan makanan, serta berbagai cendera mata.
 
Pojok Gastronomi Indonesia juga telah diserbu oleh para pengunjung. Berbagai makanan yang dijual di Pojok Gastronomi seperti nasi ayam betutu, roti buaya, nasi goreng, sate ayam, mpek-mpek, bakso serta berbagai jajanan pasar. Selain itu, juga dilakukan demo masakan Indonesia yang memungkinkan para pengunjung untuk dapat mencobanya di rumah. Tak kalah ramai dinikmati oleh para pengunjung ialah Pojok Balinese Massage yang dilakukan oleh para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berkerja salah satu wellness center di Slowakia, Workshop Batik, dan Photo Booth dengan pakaian tradisional Indonesia.
 
Duta Besar di saat yang sama juga membuka acara Pameran Foto “Magnificient Indonesia” oleh kelompok fotografer Magnific Indonesia yang ikut mempromosikan Indonesia melalui sejumlah foto keanekaragaman budaya dan kehidupan di Indonesia, keindahan pemandangan, kehidupan bawah laut, kekayaan satwa liar, serta beberapa potret kehidupan perkotaan Indonesia.
 
Awalnya, pameran foto akan diselenggarkan pada Maret 2020 lalu, namun ditunda akibat pandemi Covid-19 dan baru terselenggara di tahun 2021. Kegiatan pameran foto ini akan berlangsung hingga 20 Agustus 2021.
 
Acara dilanjutkan dengan peluncuran buku fotografi yang bertajuk “Indonesia: Unity in Diversity" oleh Dr. Pavol Demes, seorang jurnalis dan mantan Menteri Luar Negeri dan Urusan Eropa Slowakia. Buku ini memuat koleksi foto dan cerita menarik dari perjalanannya ke Indonesia pada tahun 2018, khususnya mengenai keragaman agama di Indonesia yang hidup berdampingan secara damai. Pengalaman berharga di Indonesia ini telah membuat beliau sebagai salah satu Friend of Indonesia yang selalu siap untuk membantu mempromosikan Indonesia di Slowakia.
 
Kedua kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Slowakia dan warga Indonesia di Slowakia. Hingga akhir acara, tercatat kurang lebih 300 pengunjung yang hadir yang terdiri dari para Duta Besar negara sahabat, korps diplomatik, pejabat Pemerintah, berbagai komunitas dan asosiasi di Bratislava, kalangan pers, rohaniawan, serta masyarakat umum. Pada acara ini, terlihat antusias yang tinggi dari masyarakat dalam mengikuti beberapa tarian massal Indonesia seperti Poco-Poco dan Gemu Fa Mi Re dan bernyanyi bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro