Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Makanan Penyebab Tubuh Lelah dan Tidak Bertenaga

Pewarna dalam makanan biasanya terbuat dari minyak bumi yang dapat mengganggu fungsi endokrin. Sebaiknya hindari pewarna buatan dengan mengonsumsi makanan yang menggunakan pewarna alami dari buah atau sayuran.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 10 Agustus 2021  |  09:51 WIB
7 Makanan Penyebab Tubuh Lelah dan Tidak Bertenaga
Ilustrasi daging ayam
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Akhir- akhir ini merasa cepat lelah, perasaan tak menentu dan juga tidak bertenaga?
Bisa jadi itu karena asupan makanan yang membuat ketidakseimbangan hormon

Hormon tidak hanya dipengaruhi oleh cara tidur dan tingkat stres saja, tetapi juga sangat responsif terhadap asupan apa yang di makan.

Makanan tidak hanya menyediakan energi, tapi juga memicu serangkaian perubahan hormonal yang dapat merusak kulit, kesehatan, dan suasana hati.

Dilansir dari womensweekly, Selasa (10/9/2021) berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari karena memicu ketidakseimbangan hormon :

1. Makanan Glikemik Tinggi

Makanan tinggi indeks glikemik seperti roti, pasta dan buah kering menyebabkan insulin bertahan enam sampai delapan jam dalam aliran darah. Akibatnya, itu menyebabkan mengidam, penambahan berat badan dan kelaparan hormonal. Jaga hormon tetap terkendali dengan makan lebih banyak protein, lemak dan serat.

2. Ayam

Sebagian besar ayam yang dijual di pasaran saat ini dipelihara di peternakan di mana mereka diberi makan dengan biji-bijian kedelai. Penggunaan kedelai yang berlebihan menyebabkan konsumsi estrogen dosis tinggi yang dapat sangat mengganggu siklus hormon.

3. Gula

Minuman yang mengandung gula seperti koktail dan minuman bersoda adalah contoh gula cepat. Ini akan membuat kadar insulin berpacu, mengimbangi hormon Anda dan membuat Anda merasa lelah.

4. Susu

Untuk memaksimalkan produksi susu, sapi dipelihara dalam keadaan hamil. Sapi yang hamil menghasilkan tingkat estrogen yang tinggi yang tidak hanya dapat merusak hormon, tetapi juga menyebabkan masalah bagi seluruh keluarga. Laki-laki yang merupakan konsumen susu berat terkadang mengembangkan payudara.

5. Pewarna Buatan

Pewarna dalam makanan biasanya terbuat dari minyak bumi yang dapat mengganggu fungsi endokrin. Sebaiknya hindari pewarna buatan dengan mengonsumsi makanan yang menggunakan pewarna alami dari buah atau sayuran.

6. Minyak Biji Industri

Minyak seperti kanola, jagung, biji kapas, kedelai, sayuran, safflower dan minyak bunga matahari mengoksidasi yang menyebabkan peradangan. Aturan umum yang baik adalah menghindari makanan digoreng dan memeriksa label makanan.

7. Fitoestrogen yang Berasal dari Kedelai

Fitoestrogen adalah senyawa tanaman yang ditemukan dalam makanan seperti kedelai dan produk kedelai, tempe, biji rami, gandum dan lentil. Masalah dengan fitoestogen adalah mereka dapat mengganggu libido dan siklus menstruasi. Maka menghindarinya sama sekali lebih aman untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daging ayam hormon lelah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top