Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Health

20 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Mata Anda Buta

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 29 Agustus 2021 - 09:58
Bagikan

Stres hingga Merokok

6. Stres

Jika Anda terus-menerus mencabuti rambut Anda, mata Anda akan terimbas. Tekanan mental kronis yang tidak terkelola berdampak buruk pada tubuh dan dapat menjadi masalah bagi sistem mata, kata Jeanette Kimszal, RDN, NLC, ahli diet terdaftar di New Jersey.

Menurut penelitian, stres kronis yang menyebabkan lonjakan hormon stres kortisol dapat berdampak negatif pada sistem saraf. Ketika sistem saraf tidak berfungsi dengan baik, itu dapat mempengaruhi otak dan mata kita, yang mengakibatkan masalah dengan penglihatan.

Kortisol juga memberi tahu tubuh untuk menahan lemak, terutama di sekitar bagian tengah tubuh Anda. Masalah terbesar dengan stres adalah bahwa seseorang mungkin tidak merasa sedang stres, tetapi tubuh mereka masih bisa memompa kortisol. Keadaan stres yang konstan ini juga dapat menghabiskan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

7. Menggosok Mata 

Menggosok mata terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan mikrovaskular pada pembuluh darah kecil di bawah kulit, kata Anthony Kouri, MD, ahli bedah ortopedi di University of Toledo Medical Center.

"Hal ini menyebabkan lingkaran hitam dan bengkak. Menggosok mata juga menyebabkan penuaan dini pada kulit di sekitar mata, termasuk kerutan dan kelopak mata yang terkulai."

8. Merokok

Merokok menciptakan stres oksidatif pada jaringan di seluruh tubuh. Di mata, area yang paling rentan terhadap ini adalah makula [area di tengah retina] dan lensa,.

Pembentukan radikal bebas dapat berkontribusi pada perkembangan degenerasi makula dan katarak, yang telah terbukti terjadi lebih umum dan pada usia lebih dini pada mereka yang merokok. Secara eksternal, asap adalah iritasi pada struktur halus kornea dan konjungtiva, yang dapat menyebabkan mata kering dan merah kronis.

9. Tidak Cukup Tidur

Jika kita tidak cukup tidur di malam hari, itu bisa mempercepat proses penuaan, dan dapat menyebabkan mata merah, lingkaran hitam, kedutan mata (dikenal sebagai myokymia) dan penglihatan kabur.

Dalam jangka waktu yang lama dengan istirahat yang tidak memadai, kita dapat mengalami pembuluh darah pecah karena ketegangan mata. Selain itu, kita mungkin mengalami mata kering yang menyebabkan mata kering. dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan kepekaan terhadap cahaya."

10. Tidak cek up Mata rutin

Meskipun Anda mungkin berpikir mata Anda baik-baik saja, penting untuk membuat janji dengan dokter mata Anda setiap tahun.

Mereka akan memastikan untuk memeriksa semua aspek kesehatan mata Anda, termasuk seberapa sehat bagian depan dan belakang mata Anda. Ini dapat membantu mengidentifikasi masalah potensial seperti disfungsi kelenjar Meibomian atau dikenal sebagai mata kering— tanda-tanda awal glaukoma, atau bahkan hal-hal yang serius seperti melanoma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro